Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarmasin, H Ahmad Husaini mengungkapkan, gedung depo arsip pemerintah kota tersebut sudah siap dioperasikan pada tahun 2020.

"Sudah selesai pembangunannya sebanyak empat lantai tahun ini, hingga siap dioperasikan tahun depan," ujarnya usai mengikuti Rakor Pemda di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Kalsel Bangun Depo Arsip

Menurut dia, pembangunan gedung depo arsip yang menghabiskan anggaran Rp10 miliar tersebut berada di jalan RK Ilir Banjarmasin Selatan.

"Dana pembangunan ini murni dari APBD tahun 2019," ujarrnya.

Untuk pengerjaan proyeknya dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), dimana selesai tepat waktu.

Selanjutnya akan pihaknya pergunakan ditahun 2020, yakni memindah dokumen arsip yang ada di kantor lama di eks kantor kecamatan di Jalan Zafri Zamzam.

"Dua lantai lah nanti untuk penyimpanan arsip di gedung baru itu untuk sementara nantinya," lanjutnya.

A Husaini menyatakan pentingnya pemerintah kota untuk memiliki gedung arsip ini, sebab selama ini dokumen penting tidak tersimpan dengan aman dan baik ditempat yang berstandar.

"Selama ini kita tidak memiliki gedung yang berstandar, hingga memprihatinkan karena banyak dokumen penting dan bersejarah," ungkapnya.

Karena banyak dokumen penting dan bersejarah, ujar A Husaini pemerintah kota memberikan perhatiannya dengan membangun gedung yang representatif ini.

"Harapan dengan gedung baru ini semua arsip daerah ini bisa tersimpan dengan baik selama-lamanya, karena bukti sejarah perjalan pembangunan kota ini," tambahnya.

Baca juga: Banjarmasin bangun depo arsip tahun ini


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019