Universitas Lambung Mangkurat (ULM) berhasil mendapat kepercayaan besar dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk Program Doktor (S3).

Perhatian dan apresiasi dari pemerintah pusat itu ditandai dengan gelontoran beasiswa bagi 9 mahasiswa Program Doktor ULM tahun ini.

"Alhamdulilah, beasiswa ini suatu keberhasilan yang sangat membanggakan dan patut kita syukuri," terang Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi di Banjarbaru, Sabtu (14/12).

Hal itu dikatakannya kepada Kantor Berita Antara usai gelaran Wisuda ke-94 Tahun 2019 ULM di Auditorium ULM di Banjarbaru. Diungkapkannya, Program Doktor ULM telah berhasil mendapatkan Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sehingga selain pengakuan tinggi untuk institusi ULM yang sudah terakreditasi A, perguruan tinggi negeri terbaik dan terbesar di Kalimantan ini juga diakui untuk bisa mencetak lulus gelar akademik tertinggi alias Doktor.

"Tentunya ini jadi motivasi bagi civitas akademika ULM untuk terus membuktikan diri bahwa kita memang layak mencetak Doktor lebih banyak lagi," tutur Guru Besar Pendidikan Matematika itu.
Diketahui saat ini ULM tengah mengajukan pengusulan pembukaan sejumlah Program S3 baru ke Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Ada enam Program Doktor yang diharapkan segera terealisasi menerima mahasiswa baru pada tahun akademik 2020/2021 mendatang yaitu Ilmu Lingkungan, Manajemen, Ilmu Hukum, Sosial Ekonomi Pertanian, Manajemen Pendidikan dan Kedokteran Kesehatan.

Pada acara wisuda yang mengukuhkan 1.250 orang itu, ULM pun kembali meluluskan 1 orang wisudawan Program Doktor Ilmu Pertanian dengan konsentrasi Pengembangan Sumber Daya Alam dan Lingkungan.

Sutarto berharap agar ULM terus menghasilkan Doktor-Doktor baru kedepannya, sehingga semakin banyak peraih gelar S3 yang lahir dari almamater ULM tanpa harus jauh-jauh studi ke Pulau Jawa.

Sebelumnya pada Wisuda ke-92, Dr Ir Hj Ilhamiyah MM dari Program Doktor Ilmu Pertanian mencatatkan dirinya dalam sejarah ULM sebagai lulusan Program Doktor pertama. Kemudian di Wisuda ke-93, ada Irma Febrianty dikukuhkan menjadi lulusan S3 Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan pada Program Doktor Ilmu Pertanian.  

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019