Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad meresmikan Puskesma rawat inap Negara yang berada di Kecamatan Daha Utara, ditandai dengan pemotongan untaian bunga melati dan penandatangan prasasti.

Ia mengatakan, terimaksih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) HSS  yang telah meresmikan selesainnya renovasi Puskesmas Negara untuk kegiatan anggaran tahun 2019.

Baca juga: Bupati HSS launching Whistle Blowing System RSUD Kandangan

"Dengan fasilitas yang semakin baik ini maka Puskesmas dapat memberikan pelayanan yang nyaman kepada pasien, disamping program BPJS semesta yang sudah bergerak pada 01 Januari 2019 lalu. Kita berharap tidak banyak paseien, yang mana menandakan masyarakat kita sehat," katanya, dalam sambutan, Rabu (11/12) kemarin.

Dijelaskan dia, Puskesmas agar tidak hanya pada posisi untuk memberikan pelayanan kesehatan, tetapi yang lebih penting semua petugas dan karyawan Puskesmas bisa memberikan edukasi bagi masyarakat, agar masyarakat bisa berprilaku sehat untuk merubah pola hidup mereka, tidak hanya terbatas kepada dokter maupun perawat saja.

Kepala Dinkes HSS Siti Zainab, mengatakan bahwa rehab dilakukan terhadap beberapa fasilitas ruangan yang belum tersedia, serta penggabungan dua bangunan sebelumnya, menjadi satu sesuai standar ketentuan fasilitas kesehatan.

Baca juga: HSS peringati Hari Kesehatan Nasional ke-55

"Ruang perawatan yang ada di seberang kini dimanfaatkan sebagai ruang peristirahatan bagi para petugas yang berasal dari luar Daha, kami laporkan pula bahwa saat ini Puskesmas Negara ini sudah kembali naik akreditasi, sehingga meningkat yang semula statusnya Madya menjadi Utama," katanya.

Sebelum, Bupati HSS terlebih dulu menyempatkan diri berkeliling, melihat kondisi bangunan dan ruangan Puskesmas yang telah di rehab, dan turut hadir para asisen, staf ahli, para kepala SKPD terkait, direktur RSUD HHB Kandangan, para camat, kepala Puskesmas Negara, para kepala desa dan tokoh masyarakat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019