Setelah prosesnya berjalan hampir satu tahun, Ketua DPC PDI perjuangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Berry Nahdian Forqon dilantik oleh Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menjadi Wakil Bupati mendampingi Bupati Chairansyah dengan sisa masa jabatan 2016-2021 di Aula Idham Chalid Kantor Setda Provinsi Kalsel, Banjarbaru, Kamis (12/11).

Alumni Universitas Lambung Mangkurat kelahiran Barabai 24 November 1972 ini tercatat pernah menjabat sebagai ketua umum Partai Hijau Indonesia dan Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) periode 2008-2012.

Suami dari Tesy Haryani ini juga masih menjabat sebagai Sekretaris Pengurus Wilayah NU Kalsel dan dan dosen di Universitas NU Kalsel.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor usai melantik berpesan agar wakil bupati mampu bekerja sama dengan baik bupati dan mampu menjaga kondisi daerah agar tetap aman, tertib serta damai.

Baca juga: Berry optimistis mendaftar jadi calon Bupati HST

Menurutnya, tugas Wakil bupati bukan hanya menggantikan bupati dalam menjalankan tugas, namun membantu bupati dalam memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Selain itu juga mengkoordinasikan kegiatan perangkat daerah dan menindaklanjuti laporan dan atau temuan hasil pengawasan aparat pengawasan.

Selanjutnya yaitu memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan oleh Perangkat Daerah Kabupaten dan memberikan saran serta pertimbangan kepada Bupati dalam pelaksanaan Pemerintahan Daerah.

"Disamping itu juga mengganti tugas dan wewenang bupati apabila bupati menjalani masa tahanan atau berhalangan sementara dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Gubernur.

Baca juga: Berry resmi ditetapkan menjadi Cawabup HST

Menurutnya, memang tugas wakil bupati hanya tersisa satu tahun yang akan diemban Berry, namun tidak berarti tidak dapat melakukan hal yang berkesan untuk daerah atau melakukan hal besar," kata Sahbirin Noor.

Dia berharap Wabup dapat saling bersinergi memajukan banuanya dan berinovasi dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Baca juga: Dihadiri enam OKP, uji publik Berry berlangsung tanpa protes
Baca juga: Sikapi kekecewaan Faqih, begini tanggapan tokoh LSM HST
Baca juga: LSM, OKP dan PDIP HST siap kawal Berry hingga pelantikan wabup

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019