Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hj Isnaniah Achmad Fikry membuka Karasmin Banua 2019 dan pertunjukan tunggal Posko La Bastari Kandangan, di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Ia mengatakan, Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor telah menyampaikan Kabupaten HSS disamping terkenal dengan potensi pariwisata alam, juga sangat potensial untuk dijadikan kota seni dan budaya, dan ini disampaikan setelah Gubernur Kalsel secara langsung melihat Tarian Baayun Anak.

"Gubernur mengapresiasi dan ikut terlibat dalam prosesi tarian itu yang dipersembahkan Posko La Bastari pada hari HSS tanggal 2 Desember lalu, dan karasmin selama tiga malam ini semoga bisa membangkitkan semangat kita untuk mengenal seni budaya sendiiri, termasuk permainan tempo dulu," katanya, saat membuka kegiatan beberapa waktu lalu.

Pertunjukan seni dan budaya (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Advetorial : Lomba Balogo dan Bagasing awali Karasmin Banua hari jadi HSS 2019

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah, mengatakan Karasmin Banua tahun 2019 dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-69 Kabupaten HSS, sekaligus memperkenalkan budaya tradisional yang tumbuh dan berkembang di HSS.

Rangkaian Karasmin Banua 2019 dilaksanakan dari tanggal 9 sampai dengan 11 Desember 2019 di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, dimeriahkan dengan lomba balogo seKalsel, lomba bagasing, lomba sipakraga, lomba batarik upih, lomba batungkau, dan lomba bakiak.

"Selain itu, pertunjukan tunggal Posko La Bastari Kandangan dengan judul "Maurai Paung", panggung budaya musik suling bambu dan teater tradisional wayang urang, panggung budaya penampilan seni budaya utusan kecamatan, sementara untuk warung kuliner tradisional juga selama tiga hari," katanya.

Pertunjukan seni dan budaya (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Advetorial : Lomba dan pameran burung berkicau meriahkan hari jadi ke-69 HSS

Sebelum membuka kegiatan Karasmin Banua 2019, Bupati HSS beserta Ketua TP PKK HSS mengunjungi warung kuliner tradisional yang berjualan di sekitar lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Turut berhadir, Forkopimda HSS, para asisten, staf ahli, para kepala SKPD terkait, kepala UPT Taman Budaya Provinsi Kalsel, tamu undangan dan masyarakat HSS yang antusias datang dalam kegiatan Karasmin Banua 2019.

Warung kuliner tradisional (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019