Ratusan peserta berdatangan meramaikan lomba balogo dan bagasing se Kalimantan Selatan (Kalsel) pada rangkaian acara Karasmin Banua tahun 2019 dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-69 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Panitia Pelaksana Hasan Ausyi, di Kandangan, Senin (9/12), mengatakan lomba Balogo di mulai sejak pagi, Senin (9/12), bertempat di Lapangan Basket, Lapangan Lambung Mangkurat, dan para  peserta Lomba Balogo ini berasal dari dalam daerah HSS sendiri tapi juga dari luar daerah.

"Kami sangat bersyukur para peserta cukup antusias mengikuti kegiatan permainan tradisional ini. Selain peserta dari HSS sendiri, mereka juga datang dari kabupaten lainnya, seperti Balangan, Tapin, Banjar, Tanah Laut dan Tanah Bumbu," katanya.

Baca juga: Advetorial : Paman Birin puji kepemimpinan Bupati HSS H Achmad Fikry

Dijelaskan dia, hingga saat ini para peserta masih berdatangan dan pihaknya masih menerima, yang sudah mendaftarkan diri ke panitia saat ini sudah mencapai 30 tim lebih, dengan masing-masing tiga personil pemain.

Balogo sendiri merupakan salah satu permainan tradisional masyarakat Suku Banjar yang sangat populer, yang kini berusaha terus dilestarikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Pelestarian dilakukan dengan mengadakan berbagai lomba dalam setiap kesempatan dan even, terlebih dalam agenda tetap kabupaten HSS sendiri. Berbarengan dengan Lomba Balogo hari ini juga dilaksanakan Lomba Bagasing di samping arena Balogo.

"Dua lomba permainan tradisional ini hanyalah dua dari sekian banyak lomba dan kegiatan hiburan yang dilaksanakan dalam acara Karasmin Banua, Peringatan Hari Jadi Ke-69 Kabupaten HSS," katanya.

Baca juga: Advetorial : Hari jadi HSS "Ulama umara samupakat gawian babarkat gasan akhirat"

Menurut dia, beberapa hari mendatang di tempat yang sama masih akan dilaksnakan beberapa kegiatan, untuk jenis permainan tradisional rakyat, ada Lomba Batarik Upih, Sipak Raga, Batungkau, dan lain-lain, serta kegiatan Akbar berupa HSS Expo 2019.

HSS Expo akan dilaksanakan mulai dari tanggal 13 Desember 2019, sedangkan secara resmi pembukaan acara Karasmin Banua akan dilaksanakan malam ini di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019