Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung  Kalimantan Selatan melaporkan alokasi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk tiga kabupaten diwilayah kerjanya mencapai Rp1,28 triliun.

Kepala KPPN Tanjung Bayu Setiawan Yuniarto di Amuntai, Selasa mengatakan,  porsi terbesar dari belanja APBN di kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Tabalong dan Balangan yakni pada fungsi pelayanan umum sebesar Rp739,5 miliar, pendidikan sebesar Rp287,86 M dan fungsi ketertiban dan keamanan sebesar Rp192,67 miliar.

"Untuk 2020 alokasi APBN terbesar diberikan kepada Kabupaten HSU yakni Rp530,4 miliar, Kabupaten Tabalong total Rp441,5 miliar dan Kabupaten Balangan total Rp307,7 miliar," ujar Bayu.
 
. (Eddy Abdillah)

Bayu mengatakan, besaran alokasi APBN ini menunjukan komitmen pemerintah pusat kepada Kabupaten HSU, Tabalong dan Balangan dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, peningkatkan akses dan kualitas layanan pendidikan dasar dan menengah serta pengembangan pendidikan.

Juga alokasi bagi pelayananan ketertiban, keamanan, pembinaan hukum dan peradilan, perlindungan dan penelitian. 

Pada kegiatan penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan TA 2020 satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Tanjung yang dilaksanakan  di Aula KH. DR. Idham Chalid Amuntai, Bayu mengatakan,  sebanyak 91 program dilaksanakan pada DIPA 2020 untuk satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Tanjung.
 
. (Eddy Abdillah)

Bayu menegaskan, implementasi APBN memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan. Dimana komitmen serta sinergi akan mempercepat pencapaian target pembangunan diantaranya memacu pertumbuhan ekonomi pengurangan pengangguran dan kemiskinan.

"Program kerja yang menjadi prioritas nasional seperti pembangunan sumber daya manusia pembangunan infrastruktur, penyederhanaan segala bentuk kendala regulasi, transformasi ekonomi serta penyederhanaan birokrasi, " kata Bayu

Pada acara ini pula dilakukan kegiatan penandatanganan fakta integritas dan pemberian apresiasi atas kinerja terbaik satker pada 2019.
 
. (Eddy Abdillah)

Apresiasi yang diberikan bagi 12 indikator penilaian pelaksanaan kinerja yakni untuk total Dipa Rp2,4 miliar terbaik 1 Polres Tabalong, 2 Badan Pusat Statistik Kabupaten HSU,  3 MA Negeri 2 HSU.

Untuk DIPA kurang dari Rp2,4 miliar terbaik 1 KPPN Tanjung, 2: BNN Kabupaten Balangan, 3 MA Negeri 1 Balangan.

Ketepatan waktu pengajuan pembayaran gaji peringkat 1 Lapas Kelas IIB Amuntai, 2 k Kemenag Balangan, 3 MTs Negeri 2 Balangan.
 
Pemberian apresiasi penghargaan pengelola program kegiatan DIPA APBN terbaik pada satuan kerja di wilayah KPPN Tanjung. (Eddy Abdillah)

Kategori rekonsiliasi dan laporan keuangan terbaik 1 MTs Negeri 6 HSU, 2 MTs Negeri 4 Tabalong, 3 MA Negeri III Tabalong.

Kategori pengelolaan kartu kredit pemerintah (KKP) terbaik 1 KPPN Tanjung, 2 Pengadilan Agama Amuntai, 3 Pengadilan Agama Tanjung.

Satuan kerja dengan pengelolaan keuangan terbaik, peringkat 1 MTs Negeri 6 HSU, peringkat 2: MTS Negeri 4 Tabalong dan 3 Kemenag Balangan.

Kegiatan penyerahan DIPA kali ini mengambil tema APBN untuk akselerasi daya saing melalui inovasi dan penguatan kualitas sumber daya manusia.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019