Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyampaikan peringatan puncak hari jadi ke-69 Kabupaten HSS ini tidak lain sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas pembangunan yang dilaksanakan, sekaligus penyemangat untuk membangun daerah ke depan.

Ia mengatakan, tagline hari jadi "Ulama umara samupakat gawian babarkat gasan akhirat", sejalan dengan visi misi Kabupaten HSS lima tahun ke depan, menuju masyarakat yang sejahtera, baik di dunia maupun di akhirat.

"Puncak peringatan hari jadi juga dilaksanakan selain wujud syukur, juga lapoan kepada masyarakat atas apa yang telah kita lakukan tahun lalu, dan sekaligus sebagai evaluasi untuk perbaikan di tahun mendatang, tidak hanya kegiatan seremonial saja," katanya di sela kegiatan peringatan hari jadi, Kandangan, Senin (2/12).
 
Tarian "Baayun Anak" diperingatan hari jadi ke-69 HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: HSS gelar khataman akbar dan haflah Al-Qur'an se Kalsel

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan moment tanggal 2 Desember menjadi hari istimewa bagi warga HSS merayakan hari jadi kabupaten, dan terlihat dari antusiasnya masyarakat mengikuti beragam kegiatan yang dilaksanakan.

Dijelaskan dia, warga yang mengikuti juga tidak hanya dari wilayah HSS namun dari warga HSS yang bermukim di luar daerah, bergembira bersama dalam semangat kebersamaan, dan ini menjadi penyemangat pihaknya bersama Bupati HSS menjadi mewujudkan visi misi pembangunan.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS KH M Riduan Baseri, mengucapkan selamat hari jadi ke-69 Kabupaten HSS, dan diusia ke 69 tahun ini diharapkan pembangunan di Kabupaten HSS berjalan dengan lancar.

"Kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat HSS agar turut serta membantu kelancaran pembangungan, dengan bekerja dan berpartisipasi sesuai bidang masing-masing, agar tujuan pembangunan dapat tercapai dengan segera," katanya, yang akrab dipanggil Guru Kapuh.
 
Keterangan Pers peringatan hari jadi (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Marbot mesjid dan guru TPA HSS diberangkatkan umrah

Sementara itu, Pimpinan majelis Raudhatul Ghanna Annabawiyyah dan Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan KH Ahmad Syairazi atau akrab dipanggil Guru Syairazi, mengatakan ada dua golongan yang sangat penting, yang pertama ulama dan kedua umara.

Ia mengatakan, bersyukur di Kabupaten HSS karena ulama dan umaranya bersatu, dan ini dapat dirasakanya dengan pembangunan yang berhasil oleh Bupati, Wakil Bupati HSS dan jajaran, berjalan bersama ulama, mendapat dukungan para ulama, masyarakat HSS dan unsur lainnya.

Ucapan dua ulama terkemuka di Bumi Antaludin ini, baik Guru Kapuh dan Guru Syairazi juga ditayangkan dalam video singkat di puncak peringatan hari jadi ke-69 Kabupaten HSS, sekaligus sebagai do'a agar Kabupaten HSS senantiasa dalam kasih sayang dan perlindungan dari Allah SWT.
 
Sekda HSS HM Noor bersama para tamu undangan Hari Jadi HSS (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019