Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan menggelar pengobatan gratis di posko induk pengungsian korban kebakaran Desa Sei Bali, Pulau Sebuku, Kotabaru, Kalsel.

"Kegiatan bakti kesehatan gratis itu kami lakukan di depan Kantor Muspika Desa Sei Bali," kata Kepala Biddokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Z.H. MARS, MH.Kes di Banjarmasin, Kamis.

Dia mengatakan kegiatan itu dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri atas Tim Polda Kalsel, Dinkes Provinsi Kalsel, RSUD Ulin Banjarmasin, Dinkes Kotabaru, Dinkes Tanah Bumbu, dan Puskesmas Sei Bali.

Baca juga: Pemprov salurkan bantuan untuk korban kebakaran Pulau Sebuku

Kegiatan itu, kata dia, juga dalam rangka pendampingan penanganan gangguan kesehatan karena kebakaran pemukiman di daerah itu pada Sabtu (23/11) yang menghanguskan ratusan rumah warga.

Dia menjelaskan tata cara pengobatan di antaranya warga datang menunggu di pos tempat pendaftaran pasien, selanjutnya didata identitas dan pemberian nomor antrean.

Selanjutnya, pasien datang ke pos pemeriksaan untuk menjalani pemeriksaan awal terkait dengan TB BB dan tekanan darah. Selanjutnya, ke pos triase untuk memilah sesuai keluhan, antara lain ke pos penyakit dalam, pos penyakit paru, pos penyakit anak, dan tiga pos dokter umum.

Baca juga: Polres Tanah Bumbu ringankan beban korban kebakaran di Pulau Sebuku

Usai menjalani pemeriksaa,  selanjutnya para pasien bisa mengambil obat di pos atau loket pengambilan obat.

Hingga Rabu (27/11), sekitar 113 pasien berobat di pos tersebut yang semuanya masyarakat Sei Bali, Pulau Sebuku yang terdampak kebakaran.

Dalam kegiatan itu, juga dilakuan penyerahan secara simbolis beberapa bantuan barang, bahan hygiene kit, bantuan makanan tambahan, obat-obatan, dan bahan kesehatan dari Ketua Tim Gabungan Polda Kalsel kepada masyarakat Sei Bali, Pulau Sebuku. Bantuan diserahkan kepada Kadinkes Kabupaten Kotabaru.

Baca juga: Bupati lepas 10 Armada Balakar 654 antar bantuan ke Kotabaru

Selain itu, bantuan 11 pasang kelambu untuk mencegah penyakit malaria kepada Kapolsek Pulau Sebuku, guna mendukung operasional kepolisian setempat dari Tim Gabungan Polda Kalsel, Dinkes Provinsi kalsel, RSUD Ulin.

Data Polsek Pulau Sebuku terkait dengan kebakaran di daerah itu, korban terdampak kebakaran, yaitu warga RT01, RT3, dan RT4 Desa Sei Bali, sedangkan data Kecamatan Pulau Sebuku terkait dengan kejadian itu, di antaranya rumah 158 unit dengan 166 keluarga atau 433 jiwa kehilangan tempat tinggal, sedangkan jumlah pengungsi 129 orang.

Baca juga: Dinkes berikan pengobatan gratis para korban kebakaran di Sungai Bali

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019