Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan(HSS) melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS menggelar aksi bersama susur sungai dengan kegiatan bersih-bersih sungai dan penanaman pohon di Kecamatan Loksado.

Kepala Bidang Lingkungan Hidup kab.HSS H. Irpani, di Loksado, Rabu (20/11), mengatakan aksi ini diawali dengan berkumpul dan menanam pohon sekitar Amandit Loksado Lestari (All Outbound Camp), kemudian dilakukan susur sungai pembersihan sampah-sampah plastik.

"Pohon yang ditanam pada kegiatan ini sekitar 200 pohon yang terdiri pohon Trembesi, pohon Ketapang Kencana, Bambu Jakarta untuk menahan erosi pada pinggiran sungai, dan penanaman ini diharapkandapat semakin menghijaukan objek wisata yang ada di Loksado," katanya.

Baca juga: HSS gelar pemilihan Duta Lingkungan tahun 2019

Dijelaskan dia,partisipasi serta dukungan semua pihak dalam aksi bersama ini dilakukan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan juga kepada PemkabHSS.

Tujuan aksi dalam rangka mendukung festival loksado, yang kedua berkenaan dalam rangka gerakan kebersihan khususnya di objek wisata, dan untuk juga mengedukasi masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

Adapun sampah plastik yang terkumpul akan ditimbang dan dihargai oleh Bank Sampah Kabupaten HSS, yang hasilnya uangnya akan diserahkan kepada anak yatim.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS M. Arlian Syahrial, mengatakan penanaman pohon dan susur sungai bisa dijadikan salah satu event pariwisata.

Baca juga: Wujudkan lingkungan bersih HSS libatkan peran alim ulama

"Walaupun yang melaksanakan adalah bukan DisporaparHSS tetapi ini sudah membuat satu kegiatan yang terintegrasi dengan kegiatan pariwisata, yaitu mengumpulkan orang untuk bisa diinformasikan dan menjadi daya tarik kunjungan orang ke tempat kita," katanya.

Menurut dia, untuk persiapan Festival Loksado itu sudah berjalan dengan baik dan tanggalnya tidak berubah, dan sudah masuk dalam rangkaian acara yang ada di rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Jadi ke-69 Tahun Kabupaten HSS.

Turut berhadir, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Loksado, Komunitas Forum Peduli Lingkungan, TaganaHSS, BNPB HSS, Satpol PP HSS, serta peserta lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019