Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) menggelar pemilihan duta lingkungan tahun 2019.

Kepala Dispera KPLH HSS MK Saputra, di Kandangan, Rabu (6/11), mengatakan pemilihan duta lingkungan tahun ini mengambil tema "Lingkunganku tanggung jawabku, masa depan banuaku di tanganku", dan formulir pendaftaran diambil di Kantor Dispera KPLH, tepatnya di bidang lingkungan Hidup atau secara online.

"Persyaratan peserta antaralain, berumur 16 tahun sampai 25 tahun belum menikah, memiliki wawasan tentang lingkungan, tinggi badan wanita minimal 140 cm dan laki-laki minimal 150 cm", katanya.

Baca juga: Wujudkan lingkungan bersih HSS libatkan peran alim ulama

Dijelaskan dia, untuk persyaratan pendaftaran selain mengisi formulir pendaftaran, juga para pendaftar harus membuat karya tulis singkat yang mengangkat salah satu tema, dari tiga tema yang ditentukan panitia pemilihan.

Tiga tema tersebut antaralain, pertama peran serta generasi muda (milineal) dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, kedua kebiasaan hidup (lifestyle) yang turut berperan dalam mengurangi sampah, serta ketiga tama kota sebagai sarana bersosialisasi, rekreasi dan edukasi.

Tulisan berbentuk essay atau paparan sederhana memuat latar belakang permasalahan, gambaran umum dan solusi yang diberikan dengan hurup Times New Roman ukuran hurup 12, spasi 1,5, minimal satu halaman dan maksimal dua halaman kertas A4.

Pendaftar menyerahkan fotokopi KTP atau kartu pelajar, foto satu badan ukuran 3R berwarna, formulir pendaftaran yang sudah diisi dan karya tulis diserahkan ke Dispera KPLH, pada hari kerja dari Hari Senin sampai Kamis pukul 07.30 hingga 16.00 Wita, sementara untuk Hari Jum'at pukul 07.30 hingga 10.00 Wita.

Baca juga: Berhasil membina Kampung Iklim Bupati HSS raih penghargaan Kementerian LHK

"Formulir pendaftaran dan lainnya dari syarat pendaftaran dapat juga dikirimkan dalam bentuk Pdf ke alamat email dsltkphss@gmail.com dengan judul Peserta Pemiliihan Duta Lingkungan Hidup tahun 2019," katanya.

Adapun untuk pendaftaran dibuka dari tanggal 28 Oktober 2019 sampai dengan 15 November 2019, dilanjutkan dengan pembekalan peserta duta lingkungan hidup dilaksanakan tanggal 13 dan 14 November 2019.

Selanjutnya, seleksi peserta duta lingkungan hidup dilaksanakan tanggal 18-19 November 2019, dan untuk grand final akan dilaksanakan pada awal Bulan November Desember 2019, bagi para jura baik juara utama dan juara favorit akan mendapatkan hadiah denagan total jutaan Rupiah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019