Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry menyampaikan bersyukur di Kabupaten HSS semangat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan bebas sampah itu tidak hanya dilakukan oleh jajaran pemerintah, tetapi sudah ada melibatkan peran para alim ulama dan para alim ulama yang menawarkan diri.

Ia mengatakan,  apabila memang dalam menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan berperilaku hidup yang sehat juga bersih, para alim ulama tersebut juga tidak keberatan kalau foto foto meraka dipajang.

"Karena beliau sendiri yang menawarkan diri, tentunya kita mengucapkan terimakasih kepada para alim ulama tesebut. Dan artinya untuk menciptakan Kabupaten HSS yang bersih itu adalah tanggungjawab bersama," katanya, dalam rapat pembinaan adipura tahap dua tahun 2019 Dispera KPLH Provinsi Kalsel, di Aula Rakat Mufakat, Kamis(24/10).

Dijelaskan dia, kebersihan lingkungan, kebersihan kantor dan kebersihan sekolah itu tidak menjelang penilaian Adipura saja, tetapi harus menjadi kebiasaan sehari-hari.

Baca juga: PT AGM dukung percepatan pembangunan TPA lokasi baru

Dan apapun penghargaan yang diterima oleh Kabupaten HSS dari Pemerintah Pusat tidak seeuphoria penghargaan Aadipura, karena untuk mendapatkan penghargaan Adipura ada berbagai peran serta keterlibatan masyarakat dalam memperoleh penghargaan adipura tersebut.

Tak lupa, ia juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait serta masyarakat yang berada di komplek-komplek ataupun yang tidak berada di komplek, yang selama ini sudah melakukan kegiatan untuk tetap mengkondisikan lingkungan tempat tinggalnya bersih.

Kepala Dispera KPLH HSS H.M.K Saputra, mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah merupakan pembinaan tahap ke 2, di mana tahap 2 ini nantinya dilaksanakan hasil ekspose tahap 1, yang mana tindaklanjut dari pembinaan tahap pertama.

"Maksud dan tujuan dilaksanakan pembinaan tahap kedua ini adalah untuk mengetahui nilai yang didapat pada tahap pertama, sehingga pada kelemahan-kelemahan ataupun kekurangan pada setiap titik pantau akan mudah bisa diperbaiki atau juga disempurnakan," katanya.

Baca juga: Bupati HSS buka bimbingan teknis Adipura tahap satu

Ditambahkan dia,  nanti pada saat penilaian tahap kedua dari Provinsi Kalsel ataupun penilaian tingkat pusat, untuk penilaian Kabupaten HSS akan dilaksanakan antara tanggal 7 sampai dengan 17 november 2019, dan nantinya bisa meningkatkan penilaian dan meraih penghargaan Adipura kembali.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Provinsi Kalsel Dini Setiawati, serta para kepala OPD terkait, para asisten, lurah Kandangan Kota, para perwakilan pihak sekolah dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019