Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Banjarbaru Ririen Nadjmi Adhani mendorong gerakan edukasi mengkonsumsi ikan melalui kegiatan "Makan ikan cegah Stunting untuk anak usia dini" di kota itu.

Kegiatan digagas HIMPAUDI Kota Banjarbaru dilaksanakan di Hutan Wisata Pinus Kelurahan Mentaos Banjarbaru, Jumat dihadiri HIMPAUDI Kalsel, Bunda Paud kecamatan dan kelurahan.

"Kami mengajak masyarakat terutama orang tua bersama-sama mencegah stunting. Salah satunya melalui gerakan mengkonsumsi ikan karena mengandung gizi dan protein yang tinggi," ujarnya.

Baca juga: Banjarbaru juara Sekolah Sehat Berkarakter nasional 2019

Ia mengatakan, Indonesia masih menghadapi permasalahan gizi yang berdampak serius terhadap kualitas SDM seperti kegagalan pertumbuhan berat badan lahir rendah, pendek atau yang biasa disebut stunting.

Selain itu, tubuh anak bisa menjadi kurus atau gemuk, perkembangan selanjutnya seorang anak yang kurang gizi mengalami hambatan kognitif dan kegagalan pendidikan berdampak rendahnya produktivitas.

"Di Indonesia, stunting adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu menjadi sorotan dan khusus di Banjarbaru, kita bersama-sama mencegahnya agar setiap anak tetap tumbuh sehat," pesannya.

Baca juga: Workshop B2G tingkatkan kualitas guru PAUD

Diharapkan, langkah meningkatkan dan menggalakan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) dapat lebih meningkatkan status gizi masyarakat, terutama untuk anak anak usia dini mencegah stunting.

"Mengkonsumsi ikan sejak usia dini menjadi penting karena banyaknya kandungan gizi pada ikan yang sangat baik untuk kecerdasan otak, pertumbuhan dan perkembangan anak," ujarnya.

Ditekankan, manfaat makan ikan sangat baik mencegah stunting dan menjaga kesehatan tubuh sehingga orang tua harus membiasakan buah hatinya mengkonsumsi ikan, jangan dibiasakan makanan siap saji.

Baca juga: Bunda PAUD pimpin apel memperingati Hari Anak Internasional

"Anak-anak usia 0-5 tahun atau biasa disebut masa keemasan (golden age) pembentukan system saraf secara mendasar sudah terjadi, dan pertumbuhan serta perkembangan tumbuh secara optimal," kata dia.

Ketua HIMPAUDI Kota Banjarbaru Norhayati mengatakan, kegiatan Gerakan Edukasi "Makan ikan cegah stunting" adalah gerakan nasional dilaksanakan PAUD serentak seluruh Indonesia 21 November 2019.

"Tujuan dan hasil yang diharapkan adalah tumbuhnya minat suka makan ikan sehat dan bergizi sejak usia dini sehingga anak-anak sehar dan bertumbuh kembang sesuai usianya," kata dia.

Baca juga: Anak PAUD sudah dikenalkan sains, engineering dan matematika

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019