Bunda PAUD Kabupaten Hulu Sungai Utara Hj Anisah Rasyidah Wahid memimpin apel memperingati Hari Anak Internasional (HAI) di Rumah Pintar Tunas Harapan yang diikuti anak-anak PAUD, tenaga pendidik dan wali siswa.

"Adanya peringatan Hari Anak Internasional ini semakin menyadarkan kita untuk selalu memenuhi hak anak dan memberikan pendidikan yang berkualitas melalui cara yang menyenangkan kepada anak," ujar Anisah di Amuntai, Kamis.

Anisah mengatakan, melalui moment peringatan HAI 2019 tenaga pendidik PAUD dan wali siswa diperkenalkan beberapa kegiatan mengajar yang menyenangkan seperti belajar diluar ruangan (outdoor clasroom day), pengenalan lingkungan sekolah, permainan tradisional dan lainnya.
 
. (Eddy Abdillah)

Kegiatan belajar diluar ruangan, kata Anisah,  memberi banyak manfaat bagi anak dimana kegiatan belajar bisa lebih menyenangkan dan bisa secara langsung mengenalkan anak pada lingkungan sekitar.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan memfasilitasi kegiatan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau satu hari belajar di luar kelas serentak diseluruh sekolah.

"Sejumlah sekolah telah melaporkan dan menyampaikan dokumentasi hasil kegiatan apel dan belajar outdoor," kata Gusti.
 
Bunda PAUD HSU ikut menyaksikan kegiatan OCDay. (Eddy Abdillah)

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan seiring HAI 2019 disekolah yakni upacara apel bersama bunda PAUD, cuci tangan sebelum makan, berdoa dan sarapan bersama, bermain permainan tradisional ampar ampar pisang, simulasi bencana, menggelorakan yel-yel sekolah ramah anak, tepuk hak anak, deklarasi sekolah ramah anak dan pelantikan tim sekolah ramah anak.

Gusti menerangkan, sekolah ramah anak merupakan salah satu pemenuhan hak anak yaitu pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, dalam rangka mewujudkan kota layak anak.

Kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun ini mendapatkan Kategori Madya yang mana tahun sebelumnya juga menerima KLA dengan kategori Madya.
 
Kegiatan OCDay disekolah lainnya. (Eddy Abdillah)

Prestasi yang telah diraih ini tidak lepas dari dipenuhinya hak-hak anak, dimana Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara memberikan perhatian yang lebih terhadap pemenuhan hak-hak anak.

Disampaikan Gusti sebanyak 20 sekolah sudah melaporkan kegiatan OCDay yakni
TK Tunas Harapan (Rumpin), TK. Murung Sari Amt Tengah, TK Kenanga Babirik, TK. Aisyiyah Galagah, RA Alhidayah Sei. Tabukan.

Ada pula sekolah dasar yang menyeenggarakannya yakni SDN Murung Sari I  dan 2, SD IT Ihsanul Amal, SD Muhammadiyah Bersubsidi Pandulangan, SDN Banjang, SDN Babirik Hulu, SDN pematang bentang,  MI Miftahul ulum babirik dan MIN 9 Amt Utara.
 
. (Eddy Abdillah)

Tingkatan SLTP ada lima sekolah yang melaporkan kegiatan yakni SMP I Amt Utara, SMP IT Ihsanul Amal, SMP I Dn Panggang, SMP I Amt Tengah dan SMP I Sei. Pandan.

"Sedangkan untuk SLTA,  ada pula SMA 1 Amuntai yang turut memperingati HAI 2019 dengan menyelenggarakan OCDay," pungkasnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019