Pemerintah Kota Banjarmasin akan melakukan pembenahan dua pasar besar, yakni, pasar Ujung Murung dan Sudimampir Baru dengan menggandeng investor.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasi Ichrom M Tezar saat di gedung dewan kota, Kamis.

"Pak wali kota dan wakil wali kota kita ingin merevitalisasi pasar Ujung Murung dan Sudimampir Baru, kita akan melaksanakan itu rencananya tahun depan," ujarnya.

Untuk saat ini, ujar dia, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan para pedagang untuk rencana perbaikan pasar tersebut agar lebih baik lagi sebagai pasar rakyat.

Baca juga: Bupati HSS tinjau langsung Bazar TII ketujuh

"Sudah 12 kali kita lakukan rapat dengan para pedagang perwakilan disetiap blok, meski tidak semua," ujarnya.

Karena, ungkap Ichrom, status kepemilikan lahan di dua pasar itu ada Status Hak Milik (SHM), Status Hak Guna Bangunan (SHGB) dan milik pemerintah kota.

"Jadi kita konsenkan dulu bagi pedagang yang memiliki toko dengan SHM," ucapnya.

Kalau secepatnya ditempuh kesepakatan, ujar dia, maka secepatnya pula pasar tersebut bisa diperbaiki, hingga memiliki standar yang baik.

Menurut dia, perbaikan dua pasar tersebut dirancang menggandeng investor, tidak menggunakan APBD kota.

Baca juga: Mardani ingin produk lokal bisa lebih mudah tembus pasar modern

"Pastinya ada hitung-hitungannya kita tempuh jalan itu, dan pasti pemerintah kota akan jalin kerjasama yang baik untuk perbaikan pasar di daerah ini," bebernya.

Ichrom mengatakan, bahwa pembenahan pasar menggandeng investor ini bukan hal yang baru di Kota Banjarmasin, yang sudah itu adalah Pasar Sentra Antasari.

"Pasar Sentra Antasari itu berakhir pada 2023, ada banyak lagi pasar di daerah kita ini yang dikerjasamakan dengan investor," terangnya.

Dia memastikan, pemerintah kota akan sangat hati-hati untuk menjalin kerjasama dengan pihak ketiga ini, hingga tidak sampai menimbulkan masalah dikemudian harinya.
Baca juga: Warga Daha Barat harapan pemda gelar pasar murah
Baca juga: "Bali Amazing Race Sawit Hunt 2019" bahas sawit ekspor terbesar Indonesia

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019