Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019, dengan tema "Bersatu Kita Maju" bertempat di Lapangan Lambung Mangkurat.

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Senin (28/10), mengatakan tema peringatan kali ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

"Tema "Bersatu Kita Maju" sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju," katanya, saat bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan sambutan tertulis Menpora RI.

Baca juga: Video - KNPI HSS gelar sosialisasi gerakan pemuda anti narkoba

Dijelaskan dia, pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Ia mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda tahun 2019, dan mengajak untuk menjadikan tonggak setiap acara melaksanakan tepat pada waktunya, dan diharapkan semangat sumpah pemuda menyemangati disiplin tepat waktu dan memberikan kontribusi terbaik untuk daerah HSS.

"Kepada pemuda-pemudi di HSS, saya berharap jadilah pemuda-pemuda yang tauladan dan bisa mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang," katanya.

Ia juga mengapresiasi acara berjalan dengan lancar, atraksi yang menampilkan persatuan, sebagai wujud persatuan dari beraneka ragam pakaian adat dari beberapa provinsi.

Baca juga: KNPI HSS gelar workshop kehumasan dan media massa

Menurut dia, penampilan pakaian daerah bisa menggambarkan inilah kebesaran bangsa Indonesia yang beragam, tapi tetap dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia(NKRI).

Peringatan ini dirangkai dengan penyerahan piagam penghargaan untuk anggota Paskibraka tingkat Nasional tahun 2019, juga diberikan penghargaan lomba juara baca puisi, juara pidato, dan juara menggambar karikatur dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019