Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah, melaksanakan Penutupan Baksos TNI KB Kesehatan dan Kesatuan Gerak PKK HST di desa Nateh Kecamatan Batang Alai Timur, Senin (28/10).

Chairansyah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi serta mengucapkan selamat dan sukses kepada Komandan Kodim 1002 Barabai beserta jajarannya, Dinas Sosial PPKB PPPA, Dinas Kesehatan, PKK dan lintas sektor lainnya atas pertisipasinya dalam menyukseskan program KB.

Baca juga: Ribuan warga Kecamatan Haruyan ikuti jalan santai Relawan ZA

Selanjutnya dia berharap semoga jalinan kemitraan yang baik melalui kegiatan sekarang ini tetap terpelihara dan semakin meningkat di hari mendatang dalam upaya bersama meningkatkan kuantitas, kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan dan program khususnya guna mencapai keberhasilan meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Sebelumnya Kadis Sosial PPKB PPPA H M Yusuf dalam laporannya mengatakan, sasaran kegiatan adalah semua lapisan masyarakat khususnya pasangan usia subur terutama dari keluarga kurang mampu yang belum ber KB maupun dari Akseptor KB Non Metode Kontrasepsi jangka panjang (MKJP) Pindah cara ke Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) misalnya IUD, IMPLANT dan MOP.

Baca juga: H Zanie menjadi idola emak-emak, ini harapan mereka

Hasil dari kegiatan ini diperoleh Akseptor KB baru sebanyak 518 orang yaitu:

MOP                 =      6 AKSEPTOR
IMPLAN           = 181 AKSEPTOR
IUD                    =     5 AKSEPTOR
SUNTIK KB       = 149 AKSEPTOR
PIL KB               = 151 AKSEPTOR
KONDOM          =  26   AKSEPTOR

Dandim 1002/Barabai, Letkol Inf Nur Rohman Zein yang dibacakan oleh Kasdim Mayor INF Pahrijani bahwa, Kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan ini pada hakekatnya bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk sehingga terjadi keseimbangan antara jumlah penduduk dengan daya dukung yang disiapkan oleh Pemerintah maupun yang sudah disediakan oleh alam.

Baca juga: Desa Patikalain menjadi lokasi penanaman pohon serentak Daerah Aliran Sungai

"Melalui baksos ini kita Wujudkan Sinergitas antara TNI, Pemerintah dalam usaha meningkatkan keikut sertaan masyarakat dalam membentuk keluarga yang berkualitas, sehat dan sejahtera," katanya.

Menurutnya, keberhasilan Kegiatan baksos TNI KB Kesehatan ini diharapkan menjadi simpul kebersamaan dan keterpaduan antara Pemerintah Daerah dengan Kodim 1002 Barabai," katanya.

Baca juga: Berbagai lomba seni dan sastra meriahkan Bulan Bahasa di HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019