Biro Humas dan Protokol (Humpro) Sekretariat Daerah Kalsel berhasil menorehkan prestasi nasional dalam  lomba Anugerah Media Humas (AMH) 2019.

Melalui  AMH 2019, Biro Humpro Setda Kalsel, dtetapkan sebagai nominator terbaik Tiingkat Provinsi Kategori Siaran Pers/ Pemberitaan bersama DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Seperi tahun-tahun sebelumnya, ada 5 (lima) kategori media yang dilombakan dalam AMH 2019, yaitu kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Penerbitan Media Internal (In-house Magazine), Media Sosial, Website, dan kategori Stan Pameran Instansi.

Dari 5 kategori itu Humas Setda Kalsel  mengikuti.dua kategori, yakni Penerbitan.Media Internal dan Kategori Siaran Pers/ Pemberitaan.

Pada Malam AMH  2019 di Novotel Bangka Hotel and Convention Center, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Jumat (25/10), khusus untuk Kategori Siaran Pers/Pemberitaan, dewan juri menetapkan Jawa Barat, sebagai juara. Sementara Kalsel dan DKI ditetapkan sebagai Nominasi Provinsi Terbaik Nasional

Dewan juri yang menilai  berasal dari kalangan profesional ahli di bidangnya. Mereka terdiri dari unsur pers, pakar komunikasi, akademisi dan ahi Bahasa.

Menteri Komunikasi RI Johnny G. Plate, melalui Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo, menyampaikan apresiasinya kepada para pemenang. Penghargaan diberikan untuk induk instansi pembina seperti Kementerian dan Sekretariat Daerah untuk tingkat daerah.

Pada Malam Anugerah Media Humas 2019 Widodo, menjelaskan, ada perubahan dalam Klasifikasi Pemenang AMH tahun ini. 

"Jika di tahun 2018 lalu klasifikasi pemenang tiap kategori dibagi berdasarkan Terbaik I, II, dan III, tingkat Pusat dan Daerah, maka tahun ini Klasifikasi Pemenang tiap kategori dibagi sesuai instansi, " terangnya.

Instansi itu terdiri dari Kementerian/Lembaga Terbaik, BUMN/D Terbaik, Perguruan Tinggi Negeri Terbaik, Pemerintah Daerah Provinsi Terbaik, dan Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik.

Menteri Johnny G. Plate, dalam sambutan tertulis dibacakan Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo, mengatakan, AMH adalah ajang penghargaan atas prestasi karya humas pemerintah di seluruh Indonesia.

AMH 2019 bertujuan untuk menciptakan semangat kompetisi positif di lingkungan humas yang berbasis kinerja, sekaligus memberi peluang peningkatan kualitas kinerja humas pemerintah. 

Tak hanya itu, AMH diharapkan dapat memacu humas pemerintah dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) untuk memperkuat perannya dalam melakukan diseminasi informasi terkait program pemerintah kepada masyarakat.

Sementara itu atas keberhasilan ini disambut gembira Kepala Biro Humpro Setda Kalsel, Kurnadiansyah.

Dikatakan Kurnadiansyah, terpilihnya Biro Humpro Kalsel  sebagai nominator untuk  kategori Pemberitaan di AMH 2019 patut disyukuri. 

"Ini merupakan buah kerja keras, kerja cerdas, seluruh SDM Humpro. Dan paling menjadi  inspirasi dan motivator atas prestasi nasional ini adalah perhatian luar biasa Pak Gubernur Paman Birin , Wagub Rudy Resnawan dan Sekda Kalsel Pak Abdul Haris Makkie yang terus mendorong peningkatan prestasi kinerja di jajaranya," tandasnya.

Biro  Humas, lanjutnya, tidak akan berhenti berinovasi. "Inovasi merupakan cara kami untuk menjawab tuntutan perkembangan serta perubahan masyarakat," katanya. (

Pewarta: .

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019