Sebanyak 117 lulusan yang telah menempuh pendidikan dari beberapa program studi mengikuti wisuda profesi ke-2 yang digelar STKOM Sapta Computer Indonesia, bertempat di Hotel Aston, Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Ketua Panitia Pelaksana Budi Riyanto Prabowo, di Tanjung, Rabu (23/10), mengatakan kegiatan ini merupakan prosesi tanda selesainya menempuh pendidikan di STKOM Sapta Computer, yang memilikii kampus pusat di Paringin, Kabupaten Balangan.

"Kegiatan ini juga berdasarkan keputusan bersama Direktur dan Ketua Yayasan Sapta Bangun Persada, program kerja Stkom dan hasil keputusan panitia wisuda profesi Sapta Computer Indonesia," katanya.

Dijelaskan dia, peserta wisuda ke-2 ini diikuti dari lulusan program teknik informatika 73 orang, manajemen informatika 26 orang, manajemen akuntansi 18, baik dari kampus pusat di Balangan, serta kampus cabang yang ada di Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, dan Tabalong.
 
Wisuda profesi ke-2 yang digelar STKOM Sapta Computer Indonesia (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: STKOM sertifikasi mahasiswa dan alumni perguruan tinggi

Prosesi ditandai dengan pengukuhan wisudawan dan wisudawati, pembacaan janji wisudawan, pengumuman wisudawan terbaik, penghargaan aplikasi unggulan ciptaaan mahasiswa STKOM Sapta Computer dan beasiswa pendidikan luar negeri di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, juga orasi motivasi kepemudaan dan orasi ilmiah.

Ketua Yayasan Sapta Bangun Persada Slametno, mengatakan STKOM Sapta Computer didirikan tahun 2012 dan telah berjalan selama lebih dari tujuh tahun, dengan tujuan utama adanya Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Stkom Sapta Computer adalah "Membantu masyarakat yang ingin menguliahkan putra putri di tempat yang lebih dekat, berkualitas, terjangkau, dan tetap bisa menjaga putra-putrinya". 

Menurut dia, dalam kurun waktu tujuh tahun pihaknya telah membuka enam cabang di Kalimantan Selatan, satu cabang di Jawa Tengah, satu cabang di Banten,  dan satu cabang kerjasama di Malaysia yaitu dengan Univeritas Pendidikan Sultan Idris Malaysia.

"Alhamdulillah yang terbaru kita juga bisa membuka cabang di Sidoarjo, Jawa Timur dengan group lima perguruan tinggi dalam negeri dan satu terguruan tinggi luar negeri," katanya, dalam sambutan.

Wisuda profesi ke-2 yang digelar STKOM Sapta Computer Indonesia (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Program Balangan Kompeten buka akses hingga ke pelosok

Dijelaskan dia, mengapa STKOM Sapta Computer saat ini menggunakan tambahan indonesia, karena di era digital dan era pasar bebas ini, semua produk barang dan jasa bebas dipasarkan dikawasan Masyarakat Ekonomi Asean(MEA) salah satunya Jasa Pendidikan.

Pihaknya menggunakan tambahan indonesia dalam rangka identitas bahwa lembaga pendidikan ini berasal dari indonesia serta dalam rangka mengenalkan lembaga pendidikan yang ada pada level internasional,

Juga agar lulusan di STKOM Sapta Computer pun bisa diterima Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) internasional melalui Sertifikasi Profesi Standar Internasional, selain itu pada STKOM Sapta Computer telah pula membuka Kelas Internasional antara STKOM Sapta Computer dengan Universitas Sultan Idris Malaysia

Penerapan kurikulum pada STKOM Sapta Computer Indonesia yang lebih menekankan pada kualitas lulusan, bukan sekedar kuantitas maka tidak jarang mahasiswa yang menempuh pendidikan di STKOM Sapta Computer banyak yang bekerja dan berwirausaha sebelum wisuda, dimana 40 persen telah bekerja sebelum wisuda dan 60 persen berwirausaha.

"STKOM Sapta Computer sebagai LPP berperan aktif dalam menjaga kualitas lulusan perguruan tinggi serta pengakuan kompetensi mahasiswa dan alumni melalui Pusat Uji Kompetensi yang dimiliki oleh STKOM Sapta Computer," katanya. 

Sejak didirikan Pusat Uji Kompetensi telah menguji kompetensi lebih dari 2.000 Asesi, dari kalangan Mahasiswa dan alumni dimana 70 persen adalah mahasiswa dan alumni perguruan tinggi di Kalsel, sedangkan yang 30 persen adalah mahasiswa dan Alumni Perguruan Tinggi Luar Kalsel seperti Politeknik Balikpapan, Politeknik Samarinda serta AMIK Harapan Bangsa Surakarta.

Wisuda profesi ke-2 yang digelar STKOM Sapta Computer Indonesia (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Stkom Sapta Computer Indonesia gelar wisuda ke-1 85 lulusannya

Pihaknya menyadari sadari bahwa keberadaan lembaga ini masih ada kekurangan, namun Itulah keberadaannya dalam rangka memberikan akses pendidikan yang lebih dekat, berkualitas, terjangkau dan akan terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan,  sarana dan prasarana lembaga pendidikan kami.

"Kami mewakili segenap pengurus Yayasan Sapta Bangun Persada dan STKOMSapta Computer Indonesia mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak dan ibu yang telah mempercayakan pendidikan putra putrinya kepada kami," katanya.

Serta tak lupa, ia juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati atas diwisudanya dan kami berharap setelah lulus menempuh pendidikan dapat mewujudkan cita-citanya selama ini, baik cita-cita diri sendiri maupun orang-orang di sekitar anda.

Turut berhadir, jajaran pengurus Yayasan Sapta Bangun persada, Perwakilan Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan (UNUKASE) Nazaruddin, Pembina STKOM Sapta Computer Nurdian Wahyudi, pimpinan cabang, dosen dan tenaga pengajar, karyawan STKOM Sapta Computer,  dan para orang tua dan pendamping wisudawan dan wisudawati.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019