Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar sosialisasi Anugerah Paritrana 2019 kepada 13 kabupaten/kota se Kalsel, di Golden Tulip Hotel Banjarmasin, Selasa (15/10).

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dalam sambutannya dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan H Siswansyah mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik atas inisiatif BPJS Ketenagakerjaan, khususnya terkait dalam bidang jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah Kalimantan Selatan.

Sebagaimana diketahui bersama, sebut dia, penghargaan Paritrana merupakan sebuah penghargaaan yang diberikan kepada pemerintah daerahserta usaha-usaha yang mendukung jaminan sosial.

Apresiasi ini, ungkap dia,  tenttunya citra positif pihak-pihak terkait yang mendukung program jaminan sosial.

"Jika kita berbicara tentang penghargaan Anugerah Paritrana 2019, faktor-faktor pendukung yang perlu diperhatikan antara lain, kepastian perlindungan sosial terhadap tenaga honorer di instansi pemerintah daerah, para perangkat desa, para pekerja rentan serta kepesertaan  nbadan-badan usaha maupun jasa kontruksi di daerah ini,"ujarnya.

Menurut dia, sebagai gambaran saat ini dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel, baru empat kabupaten/kota yang sudah memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pegawai honorer atau non ASN.

Bahkan, jelas dia, dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel ada tiga kabupaten yang memastikan perangkat desanya terlindungi program tersebut, meskipun dengan catatan dari seluruh perangkat desa belum semuanya terlindungi.

Terpisah, Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kalimantan Panji Wibisana mengatakan, Paritrana itu dalam bahasa sangsekerta artinya perlindungan, artinya perlindungan bagi seluruh pekerja yang ada di Kalimantan Selatan.

"Apa yang diungkapkan Asisten I Pemerintah Setdaprov Kalsel itu benar, akan memberikan perlindungan ketenagakerjaan bagi ASN lingkup Pemprov Kalsel,"ungkapnya.

Program jaminan sosial tersebut, terang dia, iurannya sangat murah dan memberikan manfaat cukup besar terhadap tenaga kerja, khususnya tenaga non ASN. 
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin menggelar sosialisasi Anugerah Paritrana 2019 kepada 13 kabupaten/kota se Kalsel, di Golden Tulip Hotel Banjarmasin, Selasa (15/10).Foto:Antaranews Kalsel/Arianto

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019