Sebanyak 15 Kelurahan yang terbagi di lima kecamatan menjadi tempat reses para anggota DPRD kota Banjarmasin yang dijadwalkan dari 11--13 Oktober 2019.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno di Banjarmasin, Kamis menyebutkan reses pertama anggota DPRD Kota Banjarmasin periode 2029--2024 ini akan digelar secara berkelompok per daerah pemilihan (Dapil).

"Gelar reses kita tidak perorangan, masih sama dengan yang dulu sistem kelompok per Dapil, bertempat di kelurahan," ujar politisi PDIP tersebut.

Baca juga: Eksekutif dan Legislatif sahkan dua Raperda jadi Perda

Sudah dijadwalkan, ujar dia, ada sebanyak 15 Kelurahan yang dipilih untuk kegiatan dewan mengadakan pertemuan dengan masyarakat guna menyerap aspirasi.

Yakni, ucap Tugiatno, per Dapil itu atau per kecamatan ada tiga kelurahan, di mana digelarnya setiap hari satu lokasi pertemuan.

"Sehingga menjadi tiga hari, yakni, dari Jumat, Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Baca juga: DPRD Kalsel harapkan optimalisasi anjungan Kalsel di TMII

Semua dewan, ujar Tugiatno, diharapkan hadir dalam kegiatan itu, karena ini kesempatan untuk menyerap langsung aspirasi masyarakat.

"Kita harus tetap menghadapi meski masyarakat nantinya menyampaikan aspirasi macam-macam, bahkan bila ada yang memprotes sudah setiap kali disampaikan, tapi belum juga dikerjakan," ujarnya.

Menurut Tugiatno, masyarakat umumnya menyampaikan aspirasi terkait infrastruktur, baik jalan, drainase dan jembatan.

Baca juga: DPRD Banjarmasin soroti kematian puluhan ton ikan keramba

"Ada pula masalah ekonomi, terkait gas elpiji bahkan hingga BBM," ucapnya.

Namun tentunya, kata dia, aspirasi ini akan pihaknya perjuangkan, di mana yang paling prioritas, karena berkaitan dengan kemampuan anggaran pemerintah.

"Kita minta pemerintah kota harus kometmen untuk menampung aspirasi masyarakat yang diamanahkan kepada kita," ujarnya.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019