Kota Banjarbaru menambah lokasi menarik yang layak dikunjungi yakni taman edukasi yang diberi nama 
Edupark Rusa Sambar dan resmi diperkenalkan Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani pada Kamis.

Taman yang terletak di lingkungan Kantor Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Banjarbaru dilengkapi juga edupark kelulut, persemaian, pembuatan kompos dan plot tanaman langka.
Baca juga: Laporan Keuangan Pemkot Banjarbaru 2013 WDP

"Kami menyambut baik keberadaan Edupark karena menambah tempat wisata di Banjarbaru dan diharapkan membawa manfaat bagi masyarakat baik dari sisi perekonomian maupun kesejahteraan," ujar wali kota. 

Menurut wali kota, pihaknya sangat berterima kasih kepada Balai Litbang LHK dan PT Pertamina DPPU Syamsudin Noor yang menjalin kerja sama sehingga terwujud edupark di Jalan A Yani Km 28,700 itu. 

"Masyarakat bisa datang kesini secara gratis, berwisata sambil belajar, mendapat ilmu pengetahuan tentang hutan dan keanekaragaman hayati. Semoga tempatnya memberi manfaat besar," ucapnya. 

Kepala Balai Litbang LHK Banjarbaru Tjuk Sasmito Hadi mengatakan, kantor mereka sering menerima kunjungan dari pelajar untuk belajar tentang kehutanan sehingga akhirnya dikembangkan tempat tersebut. 

"Seringnya kunjungan pelajar jadi 
salah satu alasan kepada edupark ini dikembangkan dan ditata menjadi kawasan yang menarik. Ke depan diupayakan menambah rusa sambar ditempat itu," kata dia. 

Selain Rusa Sambar, taman seluas 9,3 hektare itu juga dikembangkan edupark Anggrek, Play Ground dan Camping Ground sehingga bisa menjadi salah satu tempat tujuan wisata keluarga. 

Wali Kota selain meresmikan edupark Rusa Sambar, juga memberi nama salah satu rusa dengan inisial “NJ”. Setelah peresmian, dilanjutkan penanaman pohon dan meninjau Edupark sekaligus pemotongan pita.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019