Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meraih penghargaan bentuk apresiasi karena telah berhasil membina kampung iklim dari pemerintah pusat melalui melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI), dalam rangkaian gelaran Festival Iklim 2019.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS MK Saputra, di Jakarta, Rabu, mengatakan penghargaan tersebut langsung diserahkan Menteri LHK‎-RI Siti Nurbaya  dan diterima pihaknya mewakili Bupati HSS.

"Bupati HSS Achmad Fikry menerima penghargaan sebagai kepala daerah dari 44 kabupaten dan kota se-Indonesia, karena dinilai telah berhasil membina kampung iklim," katanya, di Gedung Manggala Wanabkti Kementerian LHK-RI, di Jakarta, Rabu (2/10).

Baca juga: Pemkab HSS urun rembuk cari solusi penanganan kualitas air Sungai Amandit

Dijelaskan dia, di Kabupaten HSS ada empat kampung iklim yang telah ditetapkan, yakni Desa Muning Tengah, Kecamatan Daha Selatan, Desa Taniran Selatan, Kecamatan Angkinang, ‎Lokbinuang, dan Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat. 

Penghargaan yang diberikan terdiri dari klasifikasi, yakni utama, madya dan pratama dan untuk penghargaan yang diberikan kepada Bupati HSS masuk klasifikasi utama yang telah membina kampung iklim.‎

Dan kedepan pihaknya akan mengadakan lomba desa dari kebersihan, keindahan, sehat, yang dikirim masing-masing kecamatan, untuk diberikan pembinaan, sehingga mampu dan tahan dengan perubahan iklim yang terjadi.

Baca juga: Aparat kecamatan, kelurahan dan desa HSS dikenalkan penggunaan GPS

Sebelumnya, Kementerian LHK RI melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim mengirimkan surat undangan penyerahan apresiasi pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2019 kepada Bupati HSS H Achmad Fikry.

Apresiai ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menetapkan kebijakan atau peraturan serta melaksanakan pembinaan dalm pendampingan untuk mendukungan pelaksanaan proklim di wilayah setempat,  yang menjadi kontribusi nyata pemerintah daerah dalam upaya pengendalian perubahan iklim.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019