Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar rapat tim koordinasi penanganan kualitas air sungai Amandit yang keruh, bertempat di Aula Rakat Mufakat (Ramu) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab setempat.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Kandangan, Jum'at (16/8), mengatakan rapat ini sebagai wujud kepedulian Pemkab HSS terhadap keruhnya Sungai Amandit, dan mencari solusi.

"Saya selaku Ketua tim penyelesaian masalah penanganan kualitas air Sungai Amandit yang ditunjuk Bupati HSS, mengundang pihak-pihak terkait untuk urun rembuk," katanya, katanya, saat memimpin rapat koordinasi.

Rapat tim koordinasi (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Wabup HSS pimpin tim khusus tangani kualitas air Sungai Amandit

Dijelaskan dia, rapat yang difasilitasi Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) Kabupaten HSS tersebut telah menyepakati komitmen bersama untuk menyelesaikan masalah Sungai Amandit, agar Sungai Amandit tetap terjaga, khususnya komitmen dari para penambang, dan aparat kepolisian.

Rapat ini menunjukkan bahwa Pemkab HSS tidak berdiam diri, melainkan terus memikirkan solusi terbaik dan urun rembuk termasuk dengan pemerhati lingkungan dengan menerima masukan terkait kondisi riil yang di Lapangan.

Wakapolres HSS Kompol Arief Himawan mengatakan, aparat kepolisian juga bekerja dan terus mengamati masalah ini, jadi kepolisian tidak melakukan pembiaran.

Forum Peduli Sungai Amandit (For LiSA) Patoy, mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih dan penghargaan atas segala upaya yg selama ini sudah dan terus dilakukan oleh Pemkab, dan berbagai pihak lainnya untuk mengatasi kondisi yang ada.

Rapat tim koordinasi (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Perusak pot bunga taman Dharmansyah ditangkap polisi

"Harapan kami semoga pihak-pihak terkait seperti Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pemilik kewenangan dan juga pihak perusahaan mau serius menangani ini, segala upaya ini bisa segera membuahkan hasil yang nyata dan  Sungai Amandit bersih seperti semula," katanya.

Turut hadir, Kepala Kejaksaan Negeri  HSS Sugeng Riyadi, Ketua sementara DPRD HSS H Akhmad Fahmi, perwakilan PT. Antang Gunung Meratus, perwakilan dari KUD Karya Murni, pengurus Forum Peduli Sungai Amandit, Forum Komunitas Hijau Kabupaten HSS, para kepala SKPD dan camat terkait.

Rapat tim koordinasi (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019