Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS resmi meluncurkan  Program Aplikasi Realisasi Fisik dan Keuangan (Si Krifik) berbasis anggaran kas daerah, di Pendopo Wakil Bupati HSS.

Kepala Diskominfo HSS Hendro Martono, di Kandangan, Senin (30/9) mengatakan, sangat mengapresiasi langkah maju inovasi yang berbasis elektronik dan IT tersebut, saat ini memang menjadi tuntutan dalam sistem kinerja para ASN, yang didasari oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018.

"Hal ini dalam rangka transparansi, akuntabilitas dan kinerja aparatur pemerintahan di semua satuan kerja, dengan adanya aplikasi yang berbasis IT ini, semua proses kinerja internal dapat dilaksanakan dengan mudah, cepat dan akurat," katanya.
 

Sambutan Kepala Diskominfo HSS Hendro Martono (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Songsong evaluasi indeks SPBE Pemkab HSS rakor terbatas

Dijelaskan dia, sementara untuk kepentingan eksternal ke masyarakat, adanya inovasi ini juga dapat menjamin kepastian dan kecepatan waktu dalam pelayanan.

Ia juga mencontohkan untuk aplikasi Kinerja di lingkup Pemkab HSS sendiri saat ini, sangat memberikan dampak terhadap kinerja para ASN, terutama dari segi kehadiran atau absensi, dan untuk para pimpinan juga mudah untuk mengawasi kinerja bawahannya.

Sekretaris Daerah HSS H. Muhammad Noor, mengatakan bahwa Aplikasi tersebut patut dilanjutkan dan dikembangkan oleh semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ia mendukung serta akan mengawal untuk penerapannya di Kabupaten HSS.

Inovator Si Krifik yang juga Kasubag Perencanaan dan Keuangan Diskominfo HSS Ira Setyowati, mengucapkan terimakasihnya kepada timnya dan semua pihak yang turut membantu hingga terselesaikannya aplikasi ini.
 

Peluncuran aplikasi Si Krifik Diskominfo HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: BPKP Kalsel lakukan pendampingan SIMDA Integrated Pemkab HSS

"Semoga apa yang telah diperjuangkan nantinya bisa memberi manfaat dan kemudahan bagi semua pihak dan aplikasi ini dapat terus dikembangkan," katanya, saat menyampaikan pemaparan.

Peluncuran aplikasi Si Krifik ini sendiri merupakan inovasi yang dikerjakannya dalam rangka pemenuhan proyek perubahan dalam Diklatpim Angkatan VI Tahun 2019 Provinsi Kalimantan Selatan.

Foto bersama (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019