Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pendampingan dan review SIMDA Perencanaan menuju SIMDA Intergrated (SIMDA Perencanaan – Budgeting, SIMDA SAKIP) untuk Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Asisten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten HSS Tafrinsyah, mengucapkan terimakasih kepada BPKP Kalsel atas kunjungan dan pendampingan SIMDA Integrated yang sudah lama diinginkan oleh Pemkab. HSS.

"Terlebih lagi setelah Pemkab HSS melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu," katanya, di Aula Mandapai Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten HSS, beberapa waktu lalu.

Pengawas Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Kalsel Suan Kim (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Bupati HSS buka penilaian sertifikasi kesesuaian syariah RSUD Kandangan

Dijelaskan dia, SIMDA keuangan yang sekarang dikembangkan menjadi SIMDA Integrated mampu menunjang kinerja dalam penyusunan laporan keuangan. Berkat sistem tersebut, HSS telah enam kali berturut-turut meraih penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Para peserta yang mengikuti kegiatan pendampingan, diharapkannya dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, dan jika nanti ada hal yang perlu diperjelas agar ditanyakan dan didiskusikan, sehingga apa yang menjadi tujuan dapat tercapai.

Pengawas Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Kalsel Suan Kim, mengatakan akan mengecek perkembangan penginputan SIMDA, untuk mengetahui  apa saja permasalahan yang dihadapi, supaya tidak terjadi hambatan saat menggunakan proses yang ada.

Kepala Bappelitbangda HSS Iwan Friady dan  Kepala Diskominfo HSS Hendro Martono
(Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Achmad Fikry satu-satunya bupati di Kalimantan masuk nominasi IGA Kemendagri

"Mengapa pengembangan SIMDA Intergritasi ini dilakukan, salah satunya adalah karena sesuai permintaan KPK agar semua sistem pemerintah daerah terintegrasi dan berkesinambungan, mulai dari perencanaan sampai dengan SAKIP," katanya.

Turut berhadir, Kepala Bappelitbangda Kabupaten HSS Iwan Friady, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) HSS Hendro Martono, para peserta pendampingan, dan undangan lainnya.

Pendampingan SIMDA Integrated Pemkab HSS (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019