Perusahaan pertambangan milik PT Borneo Indo Bara (BIB) yang beroprasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, telah membangun jalan di Desa Trimartani Kecamatan Sungai Loban sepanjang 5,2 km.

"PT BIB terus menggelontorkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) kurang lebih mencapai Rp30 milyar per tahun, dan khusus untuk pembangunan jalan Desa Trimartani pihak perusahaan menganggarkan sekitar Rp1,5 milyar," kata CSR Eksternal relation head PT BIB, Dindin Makinudin, di Batulicin, Ahad.

Dia mengatakan, sebelumnya jalan tersebut sangat memprihatinkan bagi pengguna jalan yang melintas. Bahkan kondisinya diperparah manakala musim hujan tiba jalan tersebut penuh dengan lumpur.

Setelah dilakukan pengerasan oleh pihak perusahaan sekarang pengguna jalan yang melintas lebih mudah untuk melakukan aktivitas.


Dijelaskan Dindin, jalan Desa Trimartani merupakan akses utama bagi masyarakat setempat untuk menuju desa dan kecamatan lain sehingga perlu ada perhatian khusus guna mempermudah masyarakat dalam melakukan aktifitas.

Baca juga: 1.759 residents suffer ISPA in Tanah Bumbu

"Saat ini meskipun memasuki musim penghujan atau kemarau, jalan tersebut sangat mudah dilalui oleh masyarakat yang melintas, baik mengunakan kendaraan roda dua maupun roda empat," katanya.

Salah satu program pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh PT BIB pada periode 2018-2019 adalah melakukan pengerasan jalan Desa Trimartani sepanjang 5.2 km.

Project tersebut dimulai di quartal empat periode 2018 dan selesai pada periode 2019, yang diresmikan pada 12 september 2019 di kantor desa Trimartani.


"Setelah kami resmikan jalan tersebut kami serah terimakan kepada pemerintah daerah melalui Dinas PUPR yang selanjutnya bisa dilakukan pengaspalan oleh pihak pemerintah," ujarnya.

Pihaknya juga berpesan kepada masyarakat khususnya masyarakat Desa Trimartani agar dapat merawat jalan tersebut.

Untuk diketahui, project ini merupakan persembahan PT Borneo Indobara untuk masyarakat trimartani yang merupakan desa ring satu pada lingkar tambang.

Dengan dibangunnya jalan sepanjang 5,2 km tersebut aktifitas perekonomian, pendidikan anak-anak kesekolah dapat lebih baik.

Baca juga: Sebanyak 1.759 warga Tanah Bumbu terserang ISPA
Baca juga: Penderita ISPA di Tanah Bumbu terus meningkat
Baca juga: Duta wisata promosikan keindahan alam di Tanah Bumbu

Kepala Desa Trimartani, Wagiran menambahkan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kepedulian PT Borneo Indobara untuk masyarakat.

Pada kesempatan ini juga team community involment development department CSR dan juga ibu-ibu PKK tidak mau ketinggalan, mereka ikut berpartisipasi untuk acara peresmian jalan tersebut dengan mempersiapkan konsumsi tumpeng dan beberapa snack lainnya.

"Hal ini juga merupakan salah satu program pembinaan ibu-ibu PKK di desa tersebut," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019