Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara  Akmal mengaku terkesan dengan penataan sungai Martapura Banjarmasin.

Menurut dia saat berkunjung ke Banjarmasin dalam rangka pekan kerja nyata gerakan nasional revolusi mental di Kalsel, Jumat, Banjarmasin lebih maju dalam penataan sungai Martapura untuk menjadi objek wisata.

"Saya melihat sungai Martapura juga cukup bersih, ini luar biasa," ucapnya.

Dia mengaku cukup kerasan berada di objek wisata siring sungai Martapura di Jalan Piare Tendean, di mana ruang terbuka hijau juga cukup luas.

"Saya yakin kota ini bisa menjadi kota sungai terindah di Indonesia, karena misinya ke sana kan," ujar Akmal yang ditemani beberapa pejabat Serdang Bedagai lainnya.

Dia pun mengharapkan daerahnya bisa mencontoh Banjarmasin untuk fokus mengembangkan wisata sungai, karena Banjarmasin dan Serdang Bedagai memiliki kondisi daerah yang hampir tidak berbeda jauh.

"Karena daerah kita itu ada juga beberapa sungai besar, misalnya sungai Rampah, itu mirip-mirip sungai Martapura, tapi memang tidak selebar sungai Martapura," tutur Akmal.

Menurut dia, sungai di daerahnya bisa mencontoh Banjarmasin yang mampu membuat Siring indah dengan beragam sarana pendukungnya, seperti ada patung bekantan yang memiliki atraksi sembuar air di mulut, menara pandang.

"Ada wisata susur sungai, bahkan ada objek wisata pasar terapung, unik lah kota ini, patut dijual untuk wisata," ujarnya.

Baca juga: Mungkinkah sungai di Banjarmasin menjadi yang terindah
Baca juga: BWS ingin selamatkan sumber daya air Sungai Barito
Baca juga: Pemkot ingin sungai Banjarmasin kembali seperti semula

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019