Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara Reza Anshari menginformasikan tahapan Pemilihan Gubernur (pilgub) bakal dimulai beberapa bulan lagi sehingga pihaknya turut mempersiapkan diri.

"Beberapa bulan kedelapan kita akan masuk kembali kedalam tahapan Pilgub, sehingga berbagai kekurangan pada pelaksanaan Pemilu serentak 2019 perlu dibenahi," ujarr Riza di Amuntai, Kamis.

Riza mengatakan, evaluasi yang perlu banyak dikaji adalah penegasan pemasangan 4lat peraga kampanye (APK) karena meski sudah ada ketentuan, namun masih banyak pertanyaan dari parpol tentang dimana tepatnya yang boleh dan tidak bolehnya pemasangan APK teruma pemahaman regulasi yang masih beda penafsiran.
 
. (Eddy Abdillah)

Dirinya mengharapkan partisipasi parpol dalam hal pelaksanaan pemasangan APK yang tertib kedepannya ditambah regulasi yang dapat difahami bersama.

Pada kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye pasca pemilu serentak legislatif dan pilpres 2019 yang digelar di Aula KPU Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) di bedah berbagai kekurangan dan permasalahan pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya.

Ketua KPU HSU Rina Mei saputri menegaskan KPU ingin meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu setiap tahun dengan melakukan evaluasi pada pelaksaan pemilu sebelumnya.

Melalui surat KPU RI nomor: 1000/PL.01.6-SD/KPU/VII/2019 seluruh KPU provinsi kabupaten/kota diminta melakukan rapat evaluasi dengan melibatkan seluruh komponen, khususnya pemerintah daerah, bawaslu, partai polilitk, aparat keamanan, tokoh politik, tokoh masyarakat, ulama dan lainnya.
 
. (Eddy Abdillah)

"Alhamdulillah pelaksanaan kampanye, pemilu 2019 kemarin di Kabupaten Hulu Sungai Utara berjalan lancar dan dalam hal pemasangan APK secara umum telah sesuai dengan ketentuan, " kata Rina.

Meski tidak ada yang sempurna 100 persen, kata Rina, berbagai kekurangan dan kelemahan akan coba diminimalisir pada penyelenggaraan pemilu selanjutnya.

Kegiatan rapat evaluasi fasilitasi kampanye pasca pemilu 2019 turut dihadiri Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari dan asisten serta Ilman Hadi.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019