Taman Kanak - Kanak Al - Jannah di Desa Tamunti Kecamatan Pugaan, Kabupaten Tabalong salah satu sekolah bagi anak usia dini. Pada awal berdiri dan baru dibuka TK Al - Jannah dikelola satu guru yang juga merupakan warga asli Desa Tamunti Kartinah.

Dengan segala keterbatasan dan keserdehanaan Kartinah memulai proses kegiatan belajar mengajar di sekolah yang berada di lahan seluas 30 meter persegi.

"Pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter oleh YABN jadi bekal kami memberikan pendidikan karakter di TK Al Jannah," jelas Kartinah.

 Mulai 2018 pembelajaran berbasis karakter pun mulai diberikan bagi peserta didik di TK Al - Jannah Bersama 125 guru PAUD di enam kabupaten/kota Kartinah mendapat kesempatan memperoleh pelatihan PHBK yang dilaksanakan Yayasan Adaro Bangun Negeri.

 Masing - masing dari Kabupaten Tabalong, Balangan, Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin serta Murung Raya Kalimantan Tengah.

Bertempat di Sekolah Karakter Depok para guru PAUD diberikan pelatihan oleh Adaro Foundation bekerjasama dengan Indonesia Heritage Foundation (IHF) selama dua minggu lebih.

Ratusan guru PAUD dari enam kabupaten/kota ini mendapat pelatihan pendidikan melalui 9 pilar karakter bagi anak.

 Mencakup Cinta Tuhan dan segenap ciptaanNya, tanggung jawab dan kedisiplinan, amanah dan diplomasi, hormat dan santun, dermawan dan Suka menolong, Percaya diri dan Kreatif, Kepemimpinan dan Keadilan, Baik dan Rendah Hati, Toleransi dan Menjunjung Perdamaian Persatuan.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)

"Program ini mendapat sambutan baik dari sekolah, guru hingga kepala Desa Tamunti," ungkap Kartinah.

Mereka antusias menerima, mendukung penuh dan semangat mengaplikasikan sembari terus belajar memperbaiki segala sistem pembelajaran.

Setelah satu tahun lebih pelaksanaan program, perubahan karakter peserta didik TK Al - Jannah mengalami perubahan menyusul makin mandirinya anak dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

Seperti kegiatan berangkat sekolah, makan hingga ke kamar mandi dilakukan sendiri namun dengan tetap pengawasan guru dan orang tua murid.

 Begitupun ketika melakukan hal baru bagi anak, setelah mendapat arahan dan contoh dengan sedikit bimbingan guru anak dengan lancar bisa melakukan, mengeksplor, dan mengaplikasi keinginannya pada kegiatan.

Dengan memberikan pendidikan karakter yang konsisten dan berkesinambungan dapat lebih memperkuat karakter anak yang muncul hingga menjadi pribadi yang baik nantinya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019