Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan meraih juara satu lomba administrasi desa tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Ketua TP PKK HSS H Isnaniah Achmad Fikry, di Banjarmasin, Rabu (28/8) mengatakan,  juara satu lomba administrasi desa tersebut diperoleh Desa Muning Baru dan mendapatkan  enam hadiah.

"Kita meraih juara 2 Pola Asuh Anak Remaja (PAAR) dari Kelurahan Kandangan Utara, juara 3 UP2K dari Desa Gambah Luar, juara harapan 2 Hatinya PKK Desa Taniran Selatan, juara harapan 3 Penyuluhan UP2K Hj. Hatimah Rasyidah, dan juara harapan 3 Gelar Dagang UP2K untuk TP PKK HSS," katanya.

Dijelaskan dia, penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian kegiatan  Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Kalsel, yang dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin selama tiga hari, dari Senin sampai Rabu pada tanggal 26-28 Agustus 2019.

Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Kalsel (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Juara memasak ikan, PKK HSS wakili Kalsel ke tingkat Nasional

Jambore mengusung tema "Tingkatkan kinerja kader PKK, melalui pengelolaan administrasi PKK", diikuti oleh seluruh Kabupaten di Kalsel, yang diisi dengan berbagai lomba.

Mulai dari lomba penyuluhan, lomba Gelar Dagang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), dan lomba yel-yel PKK, dan selain lomba-lomba juga diisi dengan senam pagi bersama, informasi kebijakan TP PKK Pusat, dan peran kader PKK dalam mencegah stunting.

Menurut dia, kegiatan ini memiliki tujuan dan manfaat yang bisa dirasakan agar melalui pengembangan sumber daya dan keterampilan wanita dalam memanfaatkan potensi yang ada dalam dirinya, juga pemanfaatan lingkungan sekitar rumah serta memupuk cinta dan kasih sayang dalam keluarga.

Selain hasilnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga dapat menambah pendapatan, lalu kualitas pendidikan anak pun lebih terperhatikan yang bermuara pada peningkatan perekonomian, ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga.

Ketua TP PKK HSS H Isnaniah Achmad Fikry (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: PKK HSS ikuti festival pangan lokal

Ke depannya, TP PKK Kab. HSS dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG PKK) akan mewakili Provinsi Kalsel untuk tingkat Nasional, yaitu Tertib Administrasi Desa Muning Selatan dan lomba masak serba ikan.

TP PKK Kab. HSS juga dalam rangka Hari Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan (HKG PKK KB-Kes), akan mewakili provinsi ke tingkat Nasional untuk Asuhan Mandiri Toga (Asman Toga) dari Desa Amawang Kiri Muka.

Dalam Jambore tersebut, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, dan Wakil Ketua II TP PKK HSS Hj. Tika Elyani Muhammad Noor berhadir secara langsung untuk mendukung kader PKK yang berlomba.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019