Di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang terdiri atas 13 kabupaten/kota dan kini berpenduduk empat juta jiwa lebih akan ada partai politik (parpol) baru, yang rencananya bernama Partai Gelora.

Mandataris atau pemegang mandat mendirikan Partai Gelora (PG) di Kalsel, H Riswandi SIP di Banjarmasin, Ahad menerangkan, asas parpol yang akan berdiri tersebut yaitu nasionalisme religius.

"Asas tersebut sesuai nama parpolnya yaitu Gelora - singkatan dari Geloraka Rakyat. Maksudnya mari kita bangun negeri dengan semangat kebersamaan supaya lebih maju," ujarnya.

Oleh karena itu, semua anak bangsa bisa bergabung bersama PG nanti membesarkan bangsa ini, sehingga dengan potensi yang ada menjadikan Indonesia termaju di Asia.

"Kita memiliki sumber daya alam (SDA) yang sangat potensial. Tinggal bagaimana sumber daya manusia (SDM) kita memanfaatkan SDA tersebut untuk kemajuan negeri," tuturnya saat makan siang bersama di Tambak Yudha Banjarmasin.

"Kita harus berani dan mampu membawa negeri ini lebih maju lagi, tanpa melupakan para pendahulu yang memperjuangkan serta menegakkan Indonesia merdeka," lanjutnya.

Mengenai kesiapan mendirikan parpol baru tersebut, dia menyatakan, sudah siap, seperti kepengurusan dari tingkat provinsi, semua kabupaten/kota sampai kecamatan, tinggal pendeklarasian.

"Insya Allah deklarasi parpol baru tersebut pada tingkat pusat Oktober mendatang atau paling lambat November 2019," lanjutnya didampingi rekan-rekannya antara lain mantan Ketua Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sampai sekarang tidak ikut mencalon anggota legislatif.

"Kalau sudah deklarasi tingkat pusat, kemudian baru di Kalsel," tutur mantan pegawai Departemen Keuangan (Depkeu) Republik Indonesia yang terjun ke dunia politik awal tahun 2000-an.

 

Pewarta: Sukarli/Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019