Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan memperingati tahun baru Islam 1441 Hijriah sekaligus HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 bersama pedagang kaki lima (PKL). 

Kegiatan yang dihadiri wakil wali kota bersama Ketua DPRD Kota Banjarbaru AR Iwansyah di Lapangan Murjani, Rabu (4/9) malam diikuti ratusan PKL tergabung dalam Forum Komunikasi PKL Murjani (Forkamu). 

Selain itu, juga dihadiri komunitas Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalsel yang bergabung dengan pengurus maupun anggota Forkamu serta ratusan masyarakat yang ikut berhadir di acara tersebut. 

Wakil Wali Kota mengatakan, sangat mengapresiasi masyarakat yang tergabung dalam Forkamu mampu melaksanakan kegiatan positif yang dihadiri banyak orang dan berjalan tertib serta lancar. 

"Kami mengapresiasi, apalagi kegiatan dilaksanakan penuh dengan nuansa religius dan cinta tanah air yang memperlihatkan kerukunan masyarakat Banjarbaru yang dikenal heterogen masyarakatnya," ujar dia. 

Ia meminta, seluruh PKL Forkamu bersama-sama menjaga dan memelihara kawasan Murjani yang menjadi ikon Kota Banjarbaru hingga muncul ungkapan tidak sampai ke Banjarbaru jika tidak ke Murjani. 

"Menjaga dan memelihara kawasan Murjani merupakan tanggung jawab kita semua khususnya PKL yang berjualan dan membuka usaha sehingga kebersihan harus terus terpelihara," pesannya. 

Ditekankan, fungsi kawasan Murjani sebagai area publik harus dirasakan seluruh lapisan masyarakat dan fasilitas yang disediakan juga wajib dijaga bersama-sama sehingga bisa dinikmati bersama. 

"Kawasan Murjani disediakan untuk dinikmati termasuk fasilitas seperti peralatan olahraga sehingga semua bertanggung jawab menjaga serta memeliharanya agar fungsi area terus terjaga," ujarnya. 

Sementara itu, kegiatan berlangsung penuh nuansa religius dan Islami itu diawali pembacaan shalawat burdah, pembacaan doa awal tahun, tradisi tapung tawar yang dilakukan oleh anggota Forkamu. 

Selanjutnya, secara simbolis dilakukan pemotongan tumpeng oleh perwakilan pedagang dan diberikan kepada wakil wali kota disaksikan seluruh pedagang dan undangan yang hadir ditempat itu.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019