Aneka kue atau cemilan khas lokal yang ada di HSS hingga kerajinan Gelang Simpai menarik banyak pengunjung untuk datang ke stand Dinas Perdagangan dan Dekranasda HSS dalam gelaran Kalsel Expo 2019.

Pengunjung Stand Dinas Perdagangan Intan, di Banjarbaru, Jum'at (31/8), mengatakan rela datang jauh-jauh dari Marabahan, Kabupaten Barito Kuala untuk membeli kue khas dari Kabupaten HSS tersebut.
 

Aneka kue atau cemilan khas HSS di Kalsel Expo 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Stand Dekranasda HSS terbaik pertama ajang BSF 2019

"Lama tidak menikmati makanan khas dari Kandangan, dan kebetulan ada yang jualan di sini jadi kami langsung beli saja, disamping kalau langsung ke Kandangan jauh dan harus meluangkan waktu," katanya.

Selain itu, Pengunjung stand Dekranasda HSS Andre, mengatakan senang ada pelayanan pembuatan Gelang Simpai yang merupakan aksesoris khas dari daerah Loksado.

Dijelaskan dia, pernah memiliki gelang serupa saat berwisata ke daerah Haratai, Loksado namun telah rusak, hingga melihat di stand Dekranasda HSS ada yang melayani pembuatannya maka ia langsung berminat untuk dibuatkan lagi.

Stand Dekranasda HSS ini malah banyak dikunjungi pula oleh kalangan milenial, yang tertarik dengan produk aksesories tradisional khas loksado tersebut, bahkan mereka rela antri hanya untuk sekedar memiliki Gelang Simpai, yang pembuatannya memang harus langsung di tangan dan memakan waktu.
 

Pembuatan Gelang Simpai (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pemkab HSS komitmen sebagai daerah tertib ukur

Stand Dinas Perdagangan dan Dekranasda HSS merupakan dua di antara 26 stand lainnya se-Kalimantan Selatan untuk kategori stand perwakilan kabupaten dan kota yang ada, dan akan dinilai dengan sesuai kategori.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kita berharap banyak pada kegiatan kali ini, untuk promosi daerah baik kerajinan lokal, UMKM maupun wisata, termasuk makanan-makanan khas di HSS bisa dinikmati oleh para pengunjung dan mereka akan tertarik datang ke HSS.

Kalsel Expo 2019 (Fathurrahman/Diskominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019