Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Srie Astuti Syamsuri Asryad bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti festival pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Wakil Ketua III TP PKK Prov Kalsel Hj. Hardayanti Arifin, di Banjarbaru, Jum'at (16/8), mengatakan makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman sangat penting untuk diterapkan, khususnya dalam pola konsumsi sehari-hari.

Festival pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Lomba Asman Toga sejalan dengan Program Hijau Desaku

"Terutama dengan memanfaatkan pangan lokal serta guna mendorong percepatan penganekaragaman pangan," katanya, saat memberikan sambutan, bertempat di Aula BPTP Balitbangtan Kalsel.

Dijelaskan dia, untuk merubah pola pikir masyarakat agar tidak tergantung pada satu jenis bahan pangan saja diperlukan adanya pengembangan pengelolaan pangan lokal berbasis industri rumah tangga, seperti inovasi resep khas nusantara.

Serta, kampanye gerakan dan sosialisai dan promosi seperti melalui festival pangan lokal seperti ini, ia berharap melalui kegiatan ini akan tumbuh kreasi dan inovasi olahan pangan yang menarik dan bercitra rasa tinggi sehingga memiliki nilai ekonomi agar pemanfaatan pangan lokal dapat terus berkelanjutan.

Kegiatan ini mengambil tema “Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), dihadiri perwakilan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalsel, TP  PKK  Kalsel, Kepala Dinas Ketahanan Pangan HSS, seluruh Tim Penggerak PKK Kabupaten yang ada di Kalsel serta para tamu undangan.

Festival pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Juara memasak ikan, PKK HSS wakili Kalsel ke tingkat Nasional

Adapun rincian pemenang Lomba Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Kalsel tahun 2019 pada kategori olahan pangan lokal, juara pertama diraih oleh TP. PKK Kota Banjarmasin, juara kedua diraih oleh TP. PKK Hulu Sungai Tengah, juara ketiga diraih oleh TP. PKK Hulu Sungai Utara.

Sedangkan, pada kategori menu lunchbox juara pertama diraih oleh TP. PKK Tapin, juara kedua diraih TP. PKK Barito Kuala, juara ketiga diraih TP PKK Kota Banjarmasin.

Festival pangan Lokal Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019