Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kotabaru menggelar donor darah dalam rangka memperingati HUT ke-74  TNI AL tahun 2019. Kegiatan sosial ini dilaksanakan di geladak KRI Ahmad Yani-351 yang sandar di pelabuhan Pelindo III Kotabaru, Rabu.

"Ini merupakan Operasi Militer selain perang yang menjadi salah satu tugas TNI AL dalam mengaplikasikan Humanitarian Assistance and Disaster Relief, yaitu bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana," ujar Komandan Lanal Kotabaru Letkol Laut (P) Guruh Dwi Yudhanto.

Baca juga: Sosok Hasan Basri diteladani TNI Angkatan Laut

Dalam pelaksanaan donor darah ini, Lanal Kotabaru bekerja sama dengan tenaga medis dari Balai Kesehatan Lanal Kotabaru dan UTD (Unit Transfusi Darah) RSUD Kotabaru.

Donor darah yang diikuti berbagai elemen masyarakat di Kotabaru ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan darah bagi orang-orang yang membutuhkan.

Baca juga: Lanal dan Basarnas Kotabaru sosialisasikan alat keselamatan

Selain donor darah, kegiatan juga dirangkai dengan open ship sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan alutsista yang dimiliki oleh TNI khususnya TNI AL kepada masyarakat.

Pengunjung dapat berswafoto dan mengenal lebih dekat KRI Ahmad Yani-351 sebagai salah satu alutsista andalan TNI AL.

Baca juga: Lanal Banjarmasin antisipasi peredaran narkoba jalur air

KRI Ahmad Yani-351 merupakan salah satu kapal perang tipe Perusak Kawal Rudal yang berada di bawah jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang di komandani oleh Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah.

Kedatangan KRI Ahmad Yani-351 di Kotabaru selain melaksanakan patroli perbatasan Indonesia- Malaysia, kapal ini  juga baru selesai melaksanakan operasi SAR KM Santika Nusantara yang terbakar di perairan Masalembo.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019