Bupati Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, Sudian Noor meminta kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota setempat yang baru diambil sumpah dan janji jabatan agar terus meningkatkan sinergitas kerja antara legislatif dengan pemerintah daerah.

"Meningkatan sinergitas kerja legislatif dan eksekutif kedepannya dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan yang dinamis," kata Bupati di Batulicin, Selasa.

Dia mengatakan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014, pasal 364, DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah, yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah memiliki tanggungjawab dalam menjalankan fuungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan.

Berkenaan dengan pengucapan sumpah atau janji anggota DPRD, para anggota legislatif yang baru dilantik hendaknya tidak saja mampu menjaga marwah sebagai wakil rakyat, akan tetapi juga mampu menjunjung tinggi sumpah atau janji yang telah diucapkan dalam upaya mewujudkan keberhasilan program pembangunan dan cita-cita masyarakat "Bumi Bersujud".

Terutama dalam upaya memberikan pelayanan yang beradab kepada masyarakat, mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan tugas, dengan indikator yang berorientasi seluas-luasnya terhadap kepentingan masyarakat umum, bukan kepentingan pribadi atau golongan tertentu.

Artinya, lanjut bupati, birokrasi publik harus dapat memberikan layanan yang lebih profesional, sederhana, transparan, tepat waktu, responsif, dan beradab.

Baca juga: ASDP Batulicin desak Pemda terkait pengoprasian Kapal Bamega

Sebab saat ini, kondisi masyarakat khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu, terus berkembang dinamis, baik secara sosial maupun ekonomi.

Masyarakat sekarang cendrung semakin berani, untuk mengajukan tuntutan keinginan dan aspirasi kepada pemerintah, masyarakat juga semakin kritis untuk melakukan kontrol terhadap apa yang dilakukan.

Tantangan ini tentu menjadi penting, apalagi pemerintah daerah, memiliki keterbatasan sumber daya manusia dan sumber daya pembiayaan pembangunan.

Untuk itu kami berharap, anggota DPRD Tanah Bumbu yang masih fresh, dengan kolaborasi, kerja sama dan semangat sinergisitas antara anggota DPRD yang kembali terpilih dan yang baru.

Pemerintah dan DPRD mewujudkan sistem pemerintahan yang baik, dan mampu menciptakan pelaksanaan pembangunan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Terutama dengan semakin meningkatnya kerja sama antara legislatif dan eksekutif, serta menjadi mitra dalam melaksanakan berbagai program pembangunan daerah.

Baca juga: DLU Batulicin belum layani pelayaran rute Surabaya

"Insya Allah seberat apapun masalah, selalu ada solusinya, karena selalu disertai dengan semangat kebersamaan untuk dapat diselesaikan, ujarnya.

Bupati mengucapkan selamat kepada seluruh Anggota DPRD yang telah dilantik, selamat bekerja dan selamat melaksanakan tugas, semoga amanah, mampu bekerja keras, penuh dedikasi dan penuh rasa tanggungjawab.

Sementara itu, pihaknya juga mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Tanah Bumbu Periode 2014-2019 yang telah purna tugas. Semoga atas apa yang telah dilakukan selama bertugas, menjadi ladang ibadah dan mendapat ganjaran pahala dari Allah SWT.
Baca juga: Polsek Batulicin amankan tiga pelaku pembakar lahan

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019