PT Dharma Lautan Utama (DLU) cabang Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, untuk sementara waktu belum bisa melayani calon penumpang kapal tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"KM Kirana IX biasanya digunakan untuk pelayaran tujuan Surabaya namun saat ini sedang dilakukan perbaikan atau "dok" selama dua minggu," kata Kepala PT DLU Cabang Batulicin, Jamirin, di Tanah Bumbu, Rabo.

Baca juga: Penumpang angkutan udara mukai beralih ke transportasi laut

Dia mengtakan, untuk sementara waktu para calon penumpang kapal tujuan Batulicin-Surabaya akan dilayani menggunakan KM Dharma Kartika IX melalui Pelabuhan Tri Sakti Banjarmasin.

Mempermudah pelayanan kepada calon penumpang maka PT DLU membuka penjualan tiket menggunakan aplikasi "dlufery" melalui HP Androit.

Dalam aplikasi tersebut calon penumpang yang bersagkutan bisa mengakses jadwal keberangkatan tiket dan pembalian tiket tanpa harus datang ke kantor cabang.

Baca juga: Pelindo III terapkan "gate in online" di Pelabuhan Tanjung Perak

Selain itu juga untuk menghindari calo dan memberi kepastian para calon penumpang kapal karana didalam aplikasi tersebut sudah lengkap terkait informasi pelayaran milik PT DLU.

Namun, lanjut Jamirin saat ini DLU Cabang Batulicin hanya melayani pelayaran kepada calon penumpang kapal tujuan Batulicin-Sulawesi Selatan menggunakan KM Dharma Fery III dengan keberangkatan setiap Sabtu pukul 18.00 wita.

"Kami perkirakan untuk pelayaran kapal melayani calon penumpang tujuan Surabaya akan dibuka pada 17 Juli 2019," pungkas Jamirin.

Baca juga: Arus kedatangan penumpang kapal di Trisakti masih tinggi

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019