Dua unit bangunan dua lantai yang berfungsi rumah dan warung berkonstruksi kayu ludes terbakar di kawasan Kelurahan Jambu RT 01 B di wilayah Kecamatan Teweh Baru Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diduga akibat rokok pemilik ruko.

Peristiwa kebakaran yang menghanguskan ruko milik Taufikkurahman warga yang tinggal di jalan lintas Jambu - Benangin dan sebuah ruko tanpa dihuni juga habis terbakar pada Sabtu sore.

Api cepat melalap seluruh bangunan warung dan rumah milik Taufik Rahman (54) tersebut. Tak hanya rumah berserta isinya, dua unit sepeda motor milik Taufik pun ikut hangus dilalap api.

Kebakaran itu terjadi diduga akibat api yang berasal dari rokok. Beberapa saat sebelum kejadian, Taufik hendak memindahkan BBM dari drum ke jerigen. Namun saat melakukan itu, diduga Taufik juga tengah merokok. Saat di situlah api langsung menyambar dan membesar.

Bahkan nahasnya, api juga menyambar tubuh Taufik hingga mengalami luka bakar pada bagian dada. Dia langsung dilarikan ke RSUD Muara Teweh.

Upaya pemadaman dilakukan mobil pemadam milik Damkar Pemkab Barito Utara dan mobil Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat dan dibantu masyarakat sekitar sehingga api berhasil dipadamkan tidak meluas, namun

Polsek Teweh Tengah, AKP Erwin Situmorang menyatakan bahwa kasus ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Namun akibat kejadian tersebut, pemilik kios Taufik mengalami luka bakar di bagian dada dan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kasi Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Barito Utara Rizali Hadi menambahkan akibat kebakaran ini satu keluarga atau lima jiwa (istri Taufik dan tiga orang anak perempuan) kehilangan tempat tinggal.

Baca juga: Wakil Bupati HSS tinjau kondisi SMPN 1 Daha Barat pasca kebakaran
Baca juga: Pembakar lahan ditangkap Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan Musi Rawas
Baca juga: Api lalap atap bangunan SMPN 1 pada kebakaran lahan di Daha Barat

Pewarta: Kasriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019