Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus melakukan pembenahan infrastruktur dan fasilitas penunjang objek wisata untuk dijadikan sebagai destinasi wisata hingga tingkat internasional.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tanah Bumbu, Hamaluddin, di Batulicin, Rabu mengatakan, objek wisata yang akan dijadikan sebagai destinasi wisata internasionl yakni Pantai Angsana, Pantai Rindu Alam dan Gua Liang Bangkai.

"Untuk menunjang program tersebut pemerintah telah mengelontorkan dana sekitar Rp4 miliar yang terdiri dari dana APBD dan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019," katanya.

Dia mengatakan, dana tersebut akan kami fokuskan untuk pembenahan infrastruktur seperti pembuatan panggung, plaza atau tempat penjualan dan fasilitas ibadah di lokasi wisata.

Sebenarnya untuk menjadikan objek wisata di Tanah Bumbu menjadi destinasi wisata tingkat internasioanl sangat memerlukan anggaran yang sangat besar, namun dengan keterbasan tersebut pihaknya akan memprioritaskan pembangunan yang lebih penting sesui instruksi dari pemerintah provinsi.

Wacana ini akan menjadi komitmen pemerintah daerah Tanah Bumbu dimana kedepannya objek pariwisata menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pengganti usaha pertambangan batubara.

"Kami terus melakukan persiapkan program strategis untuk mewujudkan destinasi wisata internasional di antaranyamelengkapi beberapa persyaratan untuk di ajukan ke organisasi pariwisata internasional yang disesuaikan dengan potensi sumber daya di Tanah Bumbu," ujarnya.

Banyak hal yang harus dilengkapi sebagai syarat objek wisata di Tanah Bumbu untuk dijadikan destinasi internasional, salah satunya memiliki layanan media cetak sumber informasi, mode trasportasi reguler, mode trasportasi terintegrasi, papan penunjuk jalan multi bahasa dan lain sebagainya.

Pihaknya mentargetkan pada 2025 program ini sudah berjalan dan minimal menjadi destinasi nasional.

Menurut Hamaluddin, sektor kepariwisataan ini berdampak sangat luas, mampu menggerakkan sektor perekonomian masyarakat yang berada di sekitar objek wisata tersebut.

"Kami sangat berharap, program ini juga mendapat perhatian dari pemerintah pusat,legislatif dan lembaga-lembaga terkait untuk ikut mendukung dan menjadikan Tanah Bumbu sebagai destinasi wisata internasional," pungkasnya.
Baca juga: Kalsel anggarkan Rp70 miliar bangun jalan poros Banjarbaru-Tanbu
Baca juga: Satpolairud Tanbu amankan tradisi Mappanretasi
Baca juga: Tanah Bumbu kembangkan pariwisata gantikan batu bara

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019