Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Tanah Bumbu (Tanbu) mengamankan budaya Mappanretasi atau lebih dikenal dengan pesta laut atau pesta pantai di Kabupaten Tanah Bumbu.

Polres menerjunkan tiga Kapal Polisi (KP) serta kapal patroli jenis RIB (Rigid Inflatable Boat) yang mengawal pergerakan kapal-kapal nelayan dari dermaga di Pantai Pagatan ke lokasi prosesi larung di tengah laut.

"Alhamdulilah secara keseluruhan dalam kegiatan pengamanan berjalan aman dan lancar, tidak ada hambatan atau kejadian menonjol yang dapat mengganggu prosesi acara," terang Kasat Polairud Polres Tanbu AKP Parman.

Untuk ploting pengamanan, ada beberapa titik yang sudah ditentukan oleh Satpolairud. Seperti KP XIII - 2001 berada di selatan area kegiatan.

Kemudian KP XIII - 1004 di area barat, KP XIII - 1012 di wilayah timur serta KP Sar dan RIB, sifatnya mobile saat konvoi kapal-kapal nelayan yang mengikuti larung.

Parman mengimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dan waspada saat bermain di tepi pantai. Terutama mengawasi anak agar tak sampai terseret ombak ke tengah laut.

"Karena jika lengah sedikit saja, terkadang ombak besar bisa datang tiba-tiba dan menyeret orang yang berenang di tepi pantai," jelasnya.

Acara puncak pesta adat budaya maritim Suku Bugis di Bumi Bersujud tersebut memang berlangsung semarak. Ribuan pengunjung memenuhi Pantai Pagatan menyaksikan puluhan kapal yang dihias aneka rupa oleh nelayan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019