Guna menumbuhkan minat baca sejak dini  kepada masyarakat kususnya pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan, terus melakukan upaya jemput bola dengan menyambangi sekolah – sekolah hingga kepelosok diwilayah kalimantan selatan.

Seperti yang dilakukan kali ini, dengan mengendarai kendaraan roda 2 jenis trail, atau yang dinamai Trail Pustaka,  empat orang petugas Dispersip Kalsel mengunjungi Sekolah Dasar Negeri 3 Alalak Tengah  Banjarmasin, selasa ( 20/08/2019 )

Dipilihnya Trail pustaka dikarenakan jalan menuju lokasi sekolah yang berada di pinggiran Kota Banjarmasin tersebut sempit,  sehingga tidak memungkinkan ditempuh menggunakan mobil perpustakaan keliling.
  
Staf Pelayanan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Khusnul Khatimah mengatakan kegiatan ini merupakan rutinitas petugas dispersip, yang setiap harinya mereka harus berkeliling mendatangi sekolah sekolah yang berharap bisa di kunjungi perpustakaan keliling.

Baca juga: Bupati Tapin dukung gerakan gemar membaca Kalsel

“memang sudah rutinitas perpustakaan keliling  mengunjungi sekolah sampai kepelosok , jika tdk bisa di lewati Bus keliling, maka kami akan melayani menggunakan motor trail pustaka. “ tegas nya
. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Kedatangan petugas Dipersip Kalsel langsung disambut dengan antusias oleh ratusan siswa siswi yang ada di sekolah tersebut. 

Kegembiraan siswa siswi  makin memuncak , saat badut sopia yang dibawa oleh petugas di hadirkan untuk menarik simpati dengan berjoget untuk menghibur.

200 buku dari berbagai macam jenis pengetahuan dan cerita, yang dibawa oleh petugaspun langsung diserbu oleh siswa siswi yang hadir.

Aditya Ayu Prasetya , Guru SDN 3 Alalak mengungkapkan rasa  terima kasihnya  atas  suksesnya kunjungan Dipersip Kalsel ke sekolahnya dan berharap perpustakaan keliling dapat berkunjung kembali pada kesempatan berikutnya.

Baca juga: Tumbuhkan minat baca melalui perpustakaan keliling
 
“Siswa siswi kami sangat antusias, semoga perpustakaan keliling dapat berkunjung kesekolah kami lagi ," katanya.

Dirinya berharap kedepan nya program perpustakaan keliling Dipersip Kalsel ini, bisa  membawa dampak yang sangat positif meningkatkan minat baca siswa siswi di kalimantan selatan.

Baca juga: Perpustakaan keliling YABN sarana tumbuhkan minat baca

 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019