Dinas Perpustakaan Dan  Arsip Daerah  Kalimantan Selatan terus berupaya meningkatkan minat baca sejak usia dini, antara lain dengan program perpustakaan keliling ke daerah-daerah yang banyak anak-anaknya.

Staf Pelayanan Dinas Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Khusnul Khatimah di Banjarmasin Kamis mengatakan, program perpustakaan keliling, merupakan salah satu upaya pihaknya untuk jemput bola menarik anak-anak untuk kembali menyenangi membaca buku.

Menurut dia, melalui mobil perpustakaan keliling dengan melibatkan badut sebagai penghibur, dapat memberikan daya tarik agar anak-anak bersedia datang ke mobil perpustakaan yang membawa ribuan buku .

Seperti yang dilakukan siswa didik Tk Kartika V-19, Jalan Veteran Komplek Ahmad Yani II Banjarmasin.

Saat badut kuda pony berkunjung kesekolah mereka, tanpa dikomando, langsung mengerumuni badut dengan suka cita.
Baca juga: Perpustakaan keliling YABN sarana tumbuhkan minat baca


Berbagai macam buku yang telah disiapkan kusus untuk anak, mulai dari tahapan cara membaca, majalah bergambar hingga buku cerita, menjadi daya tarik untuk menumbuhkan minat membaca dan menambah wawasan pengetahuan bagi anak 

Khusnul Khatimah mengatakan, setiap hari perpustakaan keliling terus melakukan jemput bola, untuk menjangkau masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari perpustakaan.
Dispersip Prov Kalsel jemput bola tumbuhkan minat baca melalui perpustakaan keliling (Antaranews Kalsel/Latif Thohir)

Setiap kali kunjungan, tambah dia, isi buku yang akan diberikan selalu berbeda, disesuaikan dengan sasaran pengunjung mobil perpustakaan, apakah anak-anak, mahasiswa bahkan masyarakat umum.

Baca juga: Pemkab Apresiasi Pustakawan Berprestasi

Kegiatan jemput bola perpustakaan keliling ini sangat efektif menarik minat baca, karena selain menghibur dengan adanya badut, para anak didik juga antusias memilih buku, walau hanya sekedar meilihat gambar, atau mendengarkan cerita yang dibacakan orangtuanya.

Salah satu orang tua siswa Dita Yulia mengatakan, keberadaan perpustakaan keliling, sangat membantu untuk menarik minat baca anak-anak.

"Terimakasih banyak ada perpustakaan keliling, anak-anak senang sekali Ya, jadi bisa mendorong minat baca dan bisa mengalihkan ketertarikan anak-anak dari bermain HP," katanya.

Kepala Sekolah  Tk Kartika V-19,  Mariani mengatakan, dengan adanya perpustakaan keliling sangat bermanfaat bagi para murid,

Kegiatan tersebut, tambah dia, menambah minat anak-anak untuk membaca sehingga pengetahuannya semakin bertambah.

Dinas Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan saat ini memiliki lima unit mobil bus, tiga unit mobil Hiluk dan empat trail perpustakaan keliling,

Mobil tersebut didesain khusus memuat ribuan buku dari berbagai macam literasi, guna mendukung program inovasi dan pelayanan Publik Dinas Perpustakaan  dan  Arsip Daerah.
Baca juga: Perpustakaan keliling kunjungi Desa Tambang Sarinah

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019