Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, di Lapangan 5 Desember Marabahan, diawali dengan sejumlah penampilan seperti atraksi drum band dan persembahan lagu-lagu perjuangan, Sabtu (17/8).

Berbeda pada saat pengibaran, upacara penurunan bendera ini cukup mendapat sambutan antusias warga berbagai usia berjejal di sisi kiri dan kanan lapangan upacara.

Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang sengaja mengajak keluarga dan anak untuk menyaksikan jalannya upacara.

Tingginya animo masyarakat ini selain didorong cuaca yang cukup sejuk juga banyaknya suguhan atraksi yang ditampilkan pada sore itu.

Sedikitnya terdapat 5 lagu yang ditampilkan Drum Band Generasi Muda Selidah Marabahan. Begitu pun yang dilakukan paduan suara Pelajar Ije Jela Marabahan.

Usai menampilkan berbagai atraksi, upacara penurunan bendera pun dimulai. Kali ini yang bertindak Inspektur Upacara Wakil Bupati Barito Kuala (Wabup Batola) H Rahmadian Noor, sedangkan yang bertindak selaku Perwira Upacara Kapten CAJ Muhtadi Budi Waluyo dan Komandan Upacara Kapten Inf Rudyanto.

Sebagaimana saat penaikan, upacara penurunan kali ini juga dihadiri Bupati Hj Noormiliyani AS dan suami H Hasanuddin Murad, Ketua DPRD Saleh dan isteri.

Tampak pula hadir Ketua TP-PKK Hj Saraswati Dwiputranti Rahmadian Noor, para anggota forkopimda beserta isteri, para pimpinan SKPD, pimpinan BUMN, BUMD, para perwira TNI dan Polri, para pensiunan, legiun veteran, janda veteran, para orangtua paskibra, dan undangan.

Tepat pukul 18.00 Wita upacara dimulai, Wakil Bupati H Rahmadian Noor pun menempati mimbar upacara yang diiringi pasukan pengibar bendera memasuki lapangan upacara.

Upacara penurunan itu pun berlangsung khidmat. Disertai aba-aba pasukan pengibar bendera itu berbaris rapi mendekati tiang bendera. Setelah posisi dalam keadaan sempurna bendera pun diturunkan dan diserahkan kepada petugas pembawa bendera untuk diserahkan ke inspektur upacara.

Pada upacara penurunan bertugas pembawa bendera Dewi Nor Arsyila siswa  kelas 12 SMAN 1 Marabahan,  tanpa ragu meniti anak tangga membawa bendera untuk diserahkan kepada inspektur upacara.

Wakil Bupati Rahmadian Noor yang menerima bendera langsung memasukan ke dalam kotak penyimpanan.




 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019