Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang dilaksanakan Kodim 1004/Kotabaru dinilai sudah mencapai sasaran yang di harapkan.

Hal ini dikatakan Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf M Syech Ismed pada penutupan kegiatan TMMD di Desa Subur Makmur Kecamatan Pulau Laut Barat Kabupaten Kotabaru, Kamis.

"Panglima Kodam selaku pengendali kegiatan menilai bahwa kegiatan sudah mencapai sasaran yang diharapkan, selain pembangunan fisik juga di laksanakan pembangunan nonfisik," katanya.

Ia melanjutkan hal ini bisa terwujud karena adanya kerjasama dari seluruh instansi terkait. TMMD merupakan program kerja sama lintas sektoral yang melibatkan pemerintah daerah, kepolisian, dan elemen masyarakat setempat guna membantu percepatan akselerasi pemerataan daerah tertinggal.
 
Baca juga: TMMD bedah rumah, Sudirman tak lagi tidur berlantai tanah
"Kami sangat berterima kasih kepada gubernur, bupati beserta jajaranya, dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat," ucapnya.

Di sisi lain, Bupati Kotabaru Sayed Jafar mengatakan pemerintah daerah sangat terbantu dengan program TMMD.

"Ini semua untuk kemajuan dan kepentingan masyarakat," sebut Bupati.

Sementara itu, Dandim 1004 Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto mengungkapkan seluruh kegiatan pada TMMD ke-105 bisa diselesaikan tepat waktu.

Kegiatan fisik yang dikerjakan yaitu pembuatan jalan sepanjang 1,7 Kilometer dengan lebar empat meter, pembuatan MCK, rehab mushola dan bedah rumah.

Sedangkan untuk kegiatan nonfisik antara lain penyuluhan pertanian, sosialisasi karhutla, bahaya narkoba, bela negara, dan keagamaan.

"Semoga dengan selesainya pengerjaan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan perekonomian Desa Subur Makmur," harapnya.

Baca juga: TMMD bangun jalan dan garap lahan tidur di Desa Subur Makmur

Penutupan TMMD ke-105 ditandai dengan  penandatanganan prasasti oleh Danrem 101 Antasari didampingi Bupati Kotabaru dan Dandim 1004 Kotabaru.

Selain itu juga dilakukan peyerahan kunci bedah rumah kepada empat orang masyarakat Desa Subur makmur, serta pemberian bantuan sembako dari Kementrian Sosial sebanyak 200 paket.

Baca juga: DPRD Kotabaru supports TMMD for equity and to accelerate development

Pewarta: M. Shohib

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019