Pasangan Sudirman (70) dan Radiah (65), warga Desa Subur Makmur Kecamatan Pulau Laut Barat Kabupaten Kotabaru kini tak lagi tidur berlantai tanah.
 
Rumah mereka sudah lebih layak huni setelah dibedah Kodim 1004 Kotabaru dalam rangka TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ke-105 yang dilaksanakan.
 
“Saya sangat senang dan bersyukur, dulu tidur lantainya tanah, kalau pagi basah,” ujar Radiah, Rabu.
Baca juga: Bupati resmikan bedah rumah ibu Juminem
 
Di usia senja, Sudirman sudah tak bisa bekerja karena sakit-sakitan. Saat ini Radiah menjadi tulang punggung keluarga dengan mencari sayur untuk dijual.
 
Sebelumnya Radiah sempat bermimpi rumahnya penuh pasir, ternyata itu menjadi semacam pertanda bahwa tempat tinggalnya akan diperbaiki.
 
“Sempat mimpi banyak pasir di sini, sekarang jadi bagus rumahnya, alhamdulillah,” katanya.
 
Kebahagiaan yang sama juga dirasakan Saringat (38), karena tidak lagi merasakan kebanjiran saat hujan akibat atap rumahnya bocor.
 
Sebelumnya pria yang tak punya pekerjaan tetap ini tinggal seorang diri di sebuah pondok yang dipinjamkan saudaranya.
 
“Kalau hujan saya susah mau tidur, sekarang syukur alhamdulillah rumah saya sudah dibedah,” kata Saringat.
 
Kapok Sahli Bidang Ekonomi Mabesad Brigjen TNI Achmad Sudarsono yang memimpin Tim Wasev Mabesad saat meninjau TMMD di Kabupaten Kotabaru menilai kinerja Kodim 1004 Kotabaru sudah luar biasa.
Baca juga: Polres Tapin bedah rumah Hamdanah
 
“Untuk rumah standar ya masih kurang, tapi bayangkan rumah ini ukurannya 26 meter persegi dengan anggaran Rp 21 juta, kalau pemborong satu meternya Rp 2 juta,” katanya.
 
Agar hasilnya ke depan lebih baik, dirinya berharap dukungan anggaran dari pemerintah daerah dapat ditingkatkan.
 
Ada empat buah rumah di Desa Subur Makmur yang dibedah pada TMMD ke-105 hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kodim 1004 Kotabaru.
Sejak dikerjakan hampir sebulan lalu, dua rumah sudah rampung dan sisanya mendekati selesai.
 
“Yang dua lagi sudah 80-90 persen,” sebut Komandan Kodim 1004 Kotabaru Letkol Inf Rony Fitriyanto.
Baca juga: Polsek Tapin Selatan laksanakan bedah rumah

 Bedah rumah merupakan salah satu kegiatan fisik tambahan dalam TMMD ke-105, di samping itu juga ada rehab sarana MCK dan renovasi sebuah musala.
 
Program TMMD merupakan salah satu upaya TNI untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, sekaligus membantu pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pembangunan.
 
Dengan melibatkan TNI, diharapkan aspirasi masyarakat bisa terwujud khususnya di bidang peningkatan keamanan dan kesejahteraan.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019