oleh Yose Rizal

Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ratusan pelajar seluruh jenjang pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, diundang mengikuti lomba baca puisi dan bercerita yang digelar Kantor Perpustakaan setempat.


Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarbaru Nurliani Dardie, Selasa mengatakan, pihaknya sudah mengundang sekolah mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas untuk mengikuti lomba itu.

"Sejak awal Mei, seluruh sekolah kami undang untuk mengikutsertakan anak didiknya mengikuti lomba sehingga kegiatan semakin meriah dengan banyaknya peserta yang berpartisipasi," ujarnya.

Ia mengatakan, sekolah yang diundang untuk mengikuti kegiatan dalam rangka mengembangkan kegemaran membaca sebanyak 74 sekolah dasar, 29 sekolah menengah pertama dan 31 sekolah menengah atas.

"Peserta lomba bercerita hanya diperuntukan bagi murid SD/MI dan SMP/MTs, sedangkan lomba baca puisi bagi murid SD/MI, pelajar SMP/MTs dan siswa SMA/SMK maupun Madrasah Aliyah," ungkapnya.

Menurut dia, setiap sekolah diminta mengirimkan satu orang perwakilan dan maksimal dua orang sehingga jumlah peserta yang mengikuti kegiatan seluruh jenjang pendidikan mencapai ratusan orang.

"Hadiah yang disiapkan berupa uang pembinaan mencapai jutaan rupiah yang diberikan kepada juara I, II dan III serta juara harapan I, II dan III ditambah tropi dan piagam penghargaan," ujarnya.

Dikatakan, sesuai jadwal yang telah ditentukan, pelaksanaan lomba dipusatkan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Banjarbaru Jalan Wijaya Kusuma dengan waktu yang ditetapkan panitia.

Disebutkan, lomba bercerita tingkat SD/MI digelar Selasa (21/5) dan tingkat SMP/MTs dilaksanakan Rabu (22/5), sedangkan lomba baca puisi SD/MI, Selasa (28/5), SMP/MTs Rabu (29/5) dan SMA/SMK/MA Kamis (30/5).

  Ditambahkan, kegiatan rutin yang dilaksanakan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah tersebut bertujuan mengembangkan kegemaran membaca bagi peserta SD/MI dan melestarikan budaya membaca bagi pelajar SMP/MTs. Selain itu, sebagai upaya pembinaan, pengembangan dan pelestarian seni dan budaya secara berkesinambungan dengan memberikan kesempatan kepada generasi muda menyalurkan minat dan bakat melalui baca puisi.   

Pewarta:

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013