Tipe pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Andi Abdurrahman Noor Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terancam turun atas rokomendasi penyesuaian kelas rumah sakit dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Tipe pelayanan kesehatan yang dimiliki pihak rumah sakit masih tipe C dan mendapat rekomendasi dari kemenkes untuk turun menjadi D," kata Direktur RSUD Tanah Bumbu, Arman melalui Kabag Tata Usaha, Shaleh, Jum'at, di Batulicin.

Dia mengatakan, menanggapi penilaian kemenkes tersebut, pihak rumah sakit saat ini telah menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan, untuk membuat tanggapan atas rekomendasi tersebut. "Rumah sakit diberi waktu sekitar dua bulan untuk memberikan tanggapan," katanya.

Dari setiap berkas yang diminta oleh kemenkes berisikan dokumen terkaait sarana dan prasarana serta tenaga medis yang ada di rumah sakit, untuk dilaporkan secara "online" kepada Kemenkes.

Baca juga: RSUD Tanah Bumbu tingkatkan fasilitas kesehatan

Sebenarnya, apa yang menjadi persyaratan dalam standar pelayanan kesehatan tipe C sudah dimiliki oleh RSUD Tanah Bumbu. namun, dengan adanya keterlambatan dalam pemutahiran data secara berkala maka Kemenkes menganggap standar pelayanan kesehatan harus diturunkan ke tipe D.

Menurut Shaleh, banyak dampak yang di rasakan masyarakat apabila standar tipe pelayanan kesehatan rumah sakit turun mejadi tipe D, salah satunya calon pasien tidak bisa ditangani di rumah sakit sacara maksimal karana harus dirujuk ke rumah sakit yang memiliki tipe C.

Standar Alat Kesehatan (Alkes) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ditetapkan oleh Kemenkes 100 persen sudah dimiliki oleh RSUD Tanah Bumbu dan sudah dilaporkan secara "online" melalui aplikasi Kemenkes.

Oleh sebab itu pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan agar Pelayanan kesehatan di RSUD Tanah Bumbu minimal bisa bertahan di tipe C kalau bisa akan di tingkatkan menjadi tipe B.

"Kami sangat berharap penurunan tipe tidak terjadi karena dampaknya sangat besar. Salah satunya level pelayanan di rumah sakit nantinya akan sama dengan puskesmas perawatan," pungkasnya.

Baca juga: Alat cuci darah RSUD Tanbu mulai dioperasikan
Baca juga: RSUD Tanah Bumbu Miliki Alat CT-SCAN

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019