Seksi Propam dan Bagian Sumber Daya (Sumda) Polresta Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan pemeriksaan terhadap 108 pucuk senjata api dinas jenis pistol yang dimiliki oleh para anggota polisi yang bertugas di jajaran polresta setempat.

"Ini pemeriksaan rutin yang dilakukan oleh pihak Propam dan Bag Sumda terhadap penggunaan senjata api oleh anggota polisi," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Sumarto, di Banjarmasin, Senin.

Baca juga: Pelanggar jalur satu arah di Jembatan Antasan ditindak tegas

Dia mengatakan, pemeriksaan itu dilakukan setelah pelaksanaan apel pada Senin pagi, sekitar pukul 08.00 WITA di halaman Mapolresta Banjarmasin.

Pemeriksaan rutin itu dilakukan untuk mengecek kesiapsiagaan personel dalam merawat pistol yang dipinjampakaikan oleh satuan.

"Pistol milik anggota itu kami cek dan sesuaikan apakah cocok antara pistol dengan kartu administrasi, yaitu kartu kepemilikan senjata api atau kartu pas," ujarnya pula.
.Pemeriksaan senjata api. (ANTARA/Gunawan Wibisono)


Menurutnya, pemeriksaan senjata api milik anggota itu dilakukan untuk kepentingan operasinal dan pembinaan.

Baca juga: Sat Reskrim Polresta Banjarmasin terus tekan aksi kejahatan konvensional

Sasaran dari kegiatan pemeriksaan senjata api itu, di antaranya untuk melihat masa berlaku kartu senjata api, kebersihan senjata api serta pengecekan jumlah amunisi yang dipinjampakaikan kepada anggota pemegang senjata api di jajaran Polresta Banjarmasin.

"Ada 108 personel yang kami periksa terkait kepemilikan senjata api dan semuanya berjalan lancar tidak ada satu pistol pun yang ditarik dari anggota sebagai pemilik pinjam pakai," katanya lagi.


Kapolresta Banjarmasin berpesan agar setiap personel yang memiliki senjata api dinas agar berhati-hati dalam menyimpannya dan pastikan dalam keadaan aman dari jangkauan orang yang tidak berhak dan anak-anak.

Baca juga: Polresta Banjarmasin amankan 10 orang dari bilyar, karaoke dan hotel

"Pengawasan dan pemeriksaan terhadap senjata api yang dipinjampakaikan kepada anggota akan dilakukan secara berkala," kata Kombes Pol Sumarto.

Untuk diketahui pemeriksaan kelengkapan dan kebersihan senjata api itu dipimpin langsung oleh Kapolresta Banjarmasin Kombes Sumarto dan didampingi Kabag Sumda Kompol Carto HM Kasiwas Polresta Banjarmasin AKP Abdul Rahman SH dan Kasi Propam Iptu Saifuddin Fahri SE.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019