Bupati Banjar Khalilurrahman meminta bidan yang tergabung dalam Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Banjar berperan dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. 

"Kami minta, bidan ikut berperan dalam kiprah dan pengabdiannya meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan bayi," ujarnya di Martapura, Jumat saat menghadiri HUT IBI Banjar. 

Baca juga: DPRD Batola Rekomendasikan Satu Desa Satu Bidan

Bupati yang didampingi Ketua TP PKK Banjar Raudhatul Wardiyah, Kepala Dinas Kesehatan Ikhwansyah, dan Direktur RS Ratu Zalecha Tofik Norman Hidayat mengucapkan selamat HUT IBI ke-68.

Menurut dia, HUT IBI ke-68 dijadikan momentum membangun kesadaran dan komitmen dalam pembangunan kesehatan, terutama pemenuhan hak-hak kesehatan reproduksi perempuan.

"Selama ini kiprah dan komitmen bidan dalam menjalankan perannya telah ditunjukkan, terutama dalam mewujudkan kesehatan reproduksi, serta kesehatan ibu dan anak, sesuai fungsi utama bidan," ungkapnya. 

Baca juga: Ratna Ingatkan Ibu Hamil Manfaatkan Bidan Desa

Disebutkan, pelayanan kebidanan yang berkualitas dan meningkatkan skill bidan sesuai perkembangan IPTEK harus terus dilakukan seorang bidan sehingga tugas pokok maupun fungsinya terwujud.

"Bidan memiliki andil besar dalam pencapaian penurunan angka kematian ibu dan bayi serta berperan besar terhadap penyelenggaraan layanan kesehatan reproduksi perempuan dan seksual," ujarnya. 
Baca juga: Pemkab HST Programkan Satu Desa Satu Bidan

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019